Lima Pasangan Calon Telah Daftar ke KPU Pasbar, Ini Jadwal Tahapan Pilkada Berikutnya

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pilkada Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru: KPU Pasbar telah menerima pendaftaran lima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

Simpang Empat, Padangkita.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah menerima pendaftaran lima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Pendaftaran dimulai Jumat (4/9/2020) kemarin mulai pukul 08.00 WIB dan ditutup Minggu (6/9/2020) malam.

Pada hari pertama empat pasangan calon yang mendaftar. Mereka adalah Yulianto-Syafrial (Partai Demokrat/Nasdem 9 kursi), Hamsuardi-Risnawanto (PAN/PKS/PDIP 11 kursi), Agus Susanto-Rommy Candra dari jalur perseorangan, dan Maryanto-Yulisman (Gerindra/PBB 8 kursi).

Kemudian, pada hari kedua tanggal 5 September 2020, ada satu pasangan calon yang mendaftar yakni Erick Hariyona-Syawal (Golkar/PPP/Perindo/PKB 10 kursi).

Ketua KPU Pasbar, Alharis kepada Padangkita.com, Minggu (6/9/2020) malam mengatakan bahwa pihaknya telah secara langsung waktu itu melakukan verifikasi syarat pencalonan.

“Dari hasil verifikasi, semua pasangan dinyatakan telah memenuhi syarat dan diberikan tanda terima kepada masing-masing calon, partai politik pengusung dan Bawaslu,” kata Alharis di Simpang Empat.

Baca Juga: Agus Susanto-Rommy Chandra Catat Sejarah, Pasangan Independen Pertama yang Lolos Ikut Pilkada Pasbar

Meski begitu, lanjut Alharis, pendaftaran di Kantor KPU masih dibuka hingga pukul 00.00. Ini sesuai dengan Peraturan KPU No. 5/2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

“Hari ini jadwal kita sampai pukul 00.00 WIB masih buka pendaftaran. Namun, secara hitungan jumlah kursi partai politik, sudah tidak cukup lagi untuk mengusung calon,” ujarnya.

Sedangkan untuk tahapannya sendiri, kata dia, selanjutnya adalah pengumuman dokumen pasangan calon di laman website KPU Kabupaten Pasbar untuk memperoleh tanggapan publik mulai tanggal 4 sampai dengan 8 September 2020.

Kemudian akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan pada hari Senin, 7 sampai dengan 11 September 2020. “Saat ini para pasangan calon sudah berada di Padang untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan pada esok hari termasuk tes swab,” terang Alharis.

Setelah itu, akan dilakukan penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan pada tanggal 11 sampai dengan 12 September 2020.

“Mulai sekarang sebenarnya sudah dimulai verifikasi syarat calon hingga tanggal 12 September 2020 nanti. Dan akan diberitahukan tanggal 13 sampai 14 September 2020,” ujarnya.

Apabila nantinya ditemukan ada berkas atau dokumen yang tidak memenuhi syarat, maka akan dilakukan perbaikan dengan penyerahan dokumen perbaikan syarat calon mulai tanggal 14 sampai dengan 16 September 2020.

“Akan kita umumkan di laman website KPU dokumen perbaikan syarat calon tersebut serta nantinya dilanjutkan dengan verifikasi dokumen perbaikan hingga tanggal 22 September 2020 mendatang,” papar Alharis.

Penetapan pasangan calon akan dilakukan pada tanggal 23 September 2020, pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon tanggal 24 September 2020, dan masa kampanye 26 September sampai dengan 5 Desember 2020. [rom/pkt]


Baca berita Pilkada Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com