Ini Profil Empat Paslon di Pilkada Limapuluh Kota dan Tim Mereka

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pilkada Limapuluh Kota terbaru dan berita Sumbar terbaru: Empat pasangan calon (paslon) pada pilkada Limapuluh Kota sudah resmi mendaftar ke KPU setempat pada 4-6 September 2020.

Sarilamak, Padangkita.com – Empat pasangan calon atau paslon bupati dan wakil bupati Limapuluh Kota, telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada 4-6 September 2020.

Empat paslon yang ikut Pilkada Limapuluh Kota itu adalah Ferizal Ridwan-Nurkhalis, Darman Sahladi-Maskar Dt Pobo, Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus dan Safaruddin Dt Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri.

“Empat paslon tersebut, telah lengkap persyaratannya. Tinggal menunggu verifikasi KPU,” kata Ketua KPU Limapuluh Kota Masnijon, didampingi Komisioner KPU Amfreizer kepada wartawan, Minggu lalu (6/9/2020).

Berikut, profil singkat empat paslon yang mendaftar dan “tim sukses” atau tim kampanye mereka.

1. Ferizal Ridwan-Nurkhalis

Ferizal dan Nurkhalis merupakan paslon pertama yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota pada Jumat (4/9/2020). Meski Ferizal tercatat pernah menjadi anggota DPRD dari Golkar dan menjabat Ketua PKB Limapuluh Kota, sedangkan Nurkhalis pernah menjadi pengurus Partai Gerindra Sumbar, tapi pasangan ini memilih ikut Pilkada lewat jalur perseorangan atau independen.

Ferizal Ridwan adalah wakil bupati petahana Limapuluh Kota pendamping Irfendi Arbi. Ferizal atau Feri Buya, lahir di Tanjuanggadang, Lareh Sago Halaban, 9 Oktober 1973. Pengurus DPW NU Sumbar, Pembina YPP PDRI, Pendiri Tan Malaka Institute, dan Pengurus Silatnas Raja-Raja Nusantara ini, pernah menimba ilmu SDN Sitanang, SMPN 2 Payakumbuh, SMAN 1 Luak, SMAN 1 Lareh Sago Halaban, Politani Payakumbuh, dan Stisipol Imam Bonjol Padang.

Sedangkan Nurkhalis adalah mantan Calon Anggota DPD-RI dalam Pemilu 2019 di Sumbar. Nurkhalis atau Kholis, lahir 22 Juli 1978. Ketua Gempita Sumbar, Ketua Al Jam’yatul Wasliyah, Presedium PENA 98 Sumbar, dan mantan Ketua Komisariat HMI UBH Padang ini, pernah mengecap pendidikan di SDN 04 Mungka, SMPN 01 Curup,

Ponpes Thawalib Padang Panjang, Universitas Bung Hatta, Stisipol Imam Bonjol, Univesitas Tamsis Padang.

Saat mendaftar ke KPU, pasangan Ferizal-Nurkhalis telah mendaftarkan 10 nama sebagai tim kampanye mereka. Yakni, Sukardi, Endrijon Dt Rajo Junjungan, Yudilfan Habib, Edison Sumar, dan Sujarman. Kemudian, Zulheri Ramli, Hendra, Yoyong Efendi, dan Zulmiadi Putra.

Selain itu, Ferizal-Nurkhalis juga mendaftarkan 11 nama sebagai tim penghubung mereka dengan KPU. Yaitu, Alheri Gusnijar, Zikri Hanafi, Adna Silalahi, Satria Pinandita, dan Ringsiking NR. Selanjutnya, Randi Nofrita Y, Fikri Djaya Dwiguna, Ali Rahmad, Rissal Urrusy, Harry Supda, dan Novel.

2. Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo

Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo atau disingkat Salam (Sahladi-Maskar), merupakan pasangan kedua yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota pada Sabtu (5/9/2020). Pasangan ini, diusung Partai Demokrat, PAN, dan Partai Nasdem, dengan kekuatan 9 dari 35 kursi di DPRD Limapuluh Kota.

Darman Sahladi adalah anggota DPRD Sumbar dari Partai Demokrat, sebelumnya pernah menjadi ketua dan anggota DPRD Limapuluh Kota. Sahladi lahir di Muaro Paiti, Kapur IX, 28 Februari 1971. Mantan Komut BPR Mitra Usaha Muaro Paiti dan pemilik CV Dharma Putra yang juga menjabat Wakil Ketua Pengcab PSSI ini, pernah mengecap pendidikan di SD Inpres 10/73 Muaropaiti, SMPN 1 Muaropaiti, SMAN 3 Payakumbuh (kini SMAN 2 Payakumbuh, S1 Unand, dan S2 UNP.

Sedangkan Maskar M Dt Pobo adalah pengusaha real estate yang pernah menjabat Wali Nagari di kampung halamannya, Sikabu-Kabu Tanjuang Haro Padang-Panjang. Pria kelahiran 5 Januari 1968 ini pernah pula menjadi anggota Polri, Wadir PT Jaya Makmur Sentosa, Ketua Prikompol Polres Banjar Baru Kalsel, Kepala Unit Perumahan Puskopolda Kalsel, Dirut PT Mega Jaya Prestasi Kalsel, dan Ketua REI Kalsel. Pendidikan dilewati di SDN 13 Sikabu, SMPN 3 Payakumbuh (Bukit Sitabuah), dan SMAN 3 Payakumbuh (kini SMAN 2).

Saat mendaftar ke KPU, pasangan Salam ini juga menyerahkan 18 nama sebagai tim kampanye mereka. Yakni, Bambang Abdul Ghani, Faisal Dt Songko Dirajo, Indriani, Hj Aida, Syamsuwirman, Masril, Alfian, Marsanova Andesra, Andrido, Yosrizal Dt Parmato Alam, Mulyadi ST MT, Sastri Andiko, Marshal, Bachrul Edial, Akrimal Adham, Yanda Yuliadhi, Efrizal Hendri Dt Patiah, dan Wendi Chandra Dt Marajo.

Selain itu, pasangan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo juga menyerahkan tiga nama sebagai tim penghubung mereka dengan KPU. Yakni, Kurnia Sari, Aria Merta Jony, dan Efrizal Hendri Dt Patiah.

3. Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus

Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus atau disingkat MR.AY merupakan pasangan ketiga yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota pada Sabtu lalu (5/9/2020). Pasangan ini diusung Partai Gerindra, PKB, dan Partai Hanura, dengan kekuatan 12 dari 35 kursi di DPRD Limapuluh Kota. Selain itu, pasangan ini juga didukung Partai Gelora dan PBB.

Muhammad Rahmad adalah pengusaha yang pernah menjadi pengurus pusat Partai Demokrat dan PAN. Lahir di Talago, Guguak, 5 Januari 1973, Rahmad pernah menimba ilmu di SDN 7 Talago, MTSN Padang Japang, MAN Padang Panjang, IAIN Imam Bonjol, Universitas Krisnadwipaya Jakarta. Alumnus Lemhanas dan pendiri Gudep Pramuka di Singapura ini, juga tercatat sebagai Ketua umum Mappindo, Pembina Bank Infak, Ketua ICMI Pusat, serta Mantan Wasekjen KB PII dan Wasekjen KAHMI.

Sedangkan Asyirwan Yunus adalah mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota yang kini bekerja sebagai konsultan.

Lahir di Payakumbuh, 22 Mei 1964, Asyirwan pernah mengecap pendidikan SD, SMP dan SMA di PPSP IKIP Padang, kemudian melanjutkan S1 di FMIPA USU dan S2 PSL USU. Dalam karirnya, Asyirwan yang pengurus KAHMI,

pernah menjadi guru matematika, anggota DPRD Sumut, Ketua Pengcab PSSI Limapuluh Kota, Ketua BNK 50 Kota, dan Ketua Kwarcab 06/50 Kota.

Saat mendaftar ke KPU, pasangan Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus mendaftarkan 21 nama sebagai tim kampanye mereka. Yaitu, Deni Asra, Ampeli Dasni, Hemmy Setiawan, Virmadona, Irwandy ST, Asrul, Khairul Apit,

Gusti Randa, Dede Warman, Mhd Afdal, Epi Suardi, Pidika Anantatur Dt Pado Kotik Nan Genggang, Irwin Idrus, Arsi Medes, Mainanda, Irdapel Masrizal, Zulhikmi Dt Rajo Suaro, Yose Ade Yanto, Irman Tedi, Hj Zuhatri, dan Yernawati.

Selain 21 nama tersebut, pasangan MR.AY juga mendaftarkan tiga nama sebagai tim penghubung mereka dengan KPU. Ketiga tim penghubung Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus dengan KPU itu adalah Zenia Casanova, Muhammad Yahya, dan Muhammad Arief Pratama.

4. Safaruddin Dt Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri

Safaruddin Dt Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri atau disingkat Safari (Safar-Rizki), merupakan pasangan keempat yang mendaftar sebagai peserta Pilkada ke KPU Limapuluh Kota pada Minggu lalu (6/9/2020). Pasangan ini diusung Partai Golkar, PPP, dan PKS dengan kekuatan 12 dari 35 kursi di DPRD Limapuluh Kota.

Safaruddin Dt Bandaro Rajo yang populer disapa Datuak Safar, merupakan Wakil Ketua DPRD Sumbar dari Partai Golkar. Sebelumnya, juga pernah menjabat Ketua dan anggota DPRD Limapuluh Kota. Datuak Safar lahir di

Baruah Gunuang, 28 Agustus 1957. Mantan Kepala Desa ini, pernah mengecap pendidikan di SD 03 Baruah Gunuang, PGA Negeri Danguang-Danguang, Program Belajar Paket C, dan S1 Fakultas Hukum UMSB.

Sedangkan Rizki Kurniawan Nakasri atau RKN adalah seorang pengusaha muda yang saat ini dipercaya sebagai

Sekjen Persatuan Travel Umrah dan Haji. Pria kelahiran Lubukjantan, 6 Januari 1987, ini, pernah mengecap pendidikan di SMPN 1 Harau, SMAN 1 Harau, dan Unand. Semasa kuliah, pemilik AET Travel Indonesia, PT Berkah Karya Sejahtera, dan PT Radio Total FM ini, pernah dipercaya sebagai Presiden Mahasiwa Unand dan Gubernur Mahasiswa Fakultas Sastra Unand. RKN juga tercatat sebaga Bendum Ikatan Alumni Sejarah Unand dan Ketua Yayasan Serumpun Sejarah.

Saat mendaftar ke KPU, pasangan Safari ini, cuma mendaftarkan empat nama sebagai tim kampanye mereka. Yakni, Riko Febrianto, drh Harmen, Zulpadli, dan Widra Efendi. Selain empat nama ini, mereka juga mendaftarkan satu nama sebagai tim penghubung, yakni Surya Chandra. [gse/pkt]


Baca berita Limapuluh Kota terbaru hanya di Padangkita.com