Ini Kata Dinas Perdagangan Kota Padang Soal Anjloknya Harga Cabai

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Merosotnya harga cabai akan berdampak dan merugikan para petani cabai

Padang, Padangkita.com– Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar menyebutkan, penyebab merosotnya harga cabai di Kota Padang karena banyaknya pasokan cabai yang masuk ke Kota Padang.

“Pasokannya banyak, sedangkan daya belinya berkurang, itu yang menyebabkan harga cabai anjlok,” kata Andre dihubungi Padangkita.com, Selasa (27/4/2021).

Andree mengatakan, saat ini harga cabai di Kota Padang berada pada harga Rp24.000 per kilogram. Harga ini cukup rendah dari harga normal cabai yang berkisar Rp28.000 hingga Rp30.000 per kilogram.

Menurut Andree, ini merupakan sebuah fenomena yang cukup sering terjadi. Di mana saat panen cabai meningkat di setiap daerah, sedangkan penampungan hasil panen tersebut tidak terlalu banyak.

Pihaknya, akan berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait untuk mengatasi persoalan ini. Sebab, menurut Andre, tak hanya pedagang, merosotnya harga cabai ini akan berdampak dan merugikan para petani cabai.

“Di Kota Padang, pasokan cabai ini masuk dari semua daerah pemasok. Dari sananya (pemasok) harganya sudah turun juga, otomatis penjualan di pasar juga turun,” kata Andre.

Tidak hanya soal pasokan, anjloknya harga cabai ini juga disebabkan karena kurangnya daya beli masyarakat di pasaran. Sehingga, kiat hari harganya kian menurun.

“Pantauan di pasar, pembeli memang sepi,” ucap Andre.

Andree memprediksi, harga cabai ini akan berangsur membaik pada pekan keempat bulan Ramadan atau saat akan memasuki Lebaran Idulfitri.

“Nanti pas THR turun pada 10 hari menjelang Lebaran, mungkin pembelian sembako akan meningkat. Sekarang kan daya belinya yang kurang,” pungkasnya.

Baca juga: Shin Tae-yong Panggil Pemain Semen Padang FC Ikuti TC Sea Games

Pantauan Padangkita.com, selain harga cabai, harga cabai rawit juga mengalami penurunan dari Rp44.000 menjadi Rp27.000 per kilogram. Sementara, harga bawang merah mengalami kenaikan dari Rp28.000 menjadi Rp30.000 per kilogram. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler