Ini 4 Ruas Jalan Tol yang Panjangnya Membentuk Formasi Angka Sama dengan HUT RI

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Hari ini (17/8/2022), adalah HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) yang mengusung tema ‘77 Tahun, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.

Jika dilihat, formasi angkanya adalah 77, 17, 8, 2022. Nah, ternyata ada 4 ruas jalan tol di Indonesia yang memiliki panjang membentuk formasi angka yang sama. Berikut ruas jalan tol tersebut:

Seksi II Jalan Tol Pematang Panggang  Kayu Agung sepanjang 77 km

Merupakan bagian dari Seksi 2 Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung yang sudah beroperasi penuh sejak Maret 2019 lalu. Jalan Tol ini memiliki peran penting dalam meningkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel).

Kemudian, jalan tol ini terhubung dengan berbagai kawasan-kawasan produktif, yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik, dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Sumatra.

Jalan TolBengkulu  Taba Penanjung sepanjang 17 km

Jalan tol pertama yang ada di Bumi Rafflesia yang menghubungkan wilayah Taba Penanjung – Bengkulu membentang sepanjang 17,6 km telah rampung konstruksinya dan siap dioperasikan.

Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu. Nantinya kehadiran jalan tol ini juga akan membuka potensi perekonomian di wilayah Lubuk Linggau yang berada di antara Palembang dan Bengkulu.

3JalanTolSoreang  Pasir Koja Sepanjang 8 km

Jalan tol kurang lebih sepanjang 8,15 km ini telah beroperasi sejak 2017 lalu menghubungkan Kota Bandung dan pusat Kabupaten Bandung serta wilayah Soreang dan wilayah Bandung Selatan.

Jalan Tol Soroja juga menjadi bagian dari jaringan transportasi Bandung Raya yang terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi.

4. Seksi1 Jalan Tol Balikpapan  Samboja sepanjang 22 km

Memiliki total panjang 22,03 km, Jalan Tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Balikpapan – Samarinda di Pulau Kalimantan yang sudah beroperasi sejak tahun 2021 lalu.

Baca juga: Progres Jalan Tol Binjai – Pangkalan Brandan 55 Persen, Ditarget Rampung Pertengahan 2023

Sebagai konektivitas penghubung Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda dengan sejumlah kota bisnis lainnya seperti Balikpapan, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara dan Bontang, serta akses menuju Pelabuhan Semayang di Balikpapan dan Pelabuhan Samarinda. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist