Menag Yaqut Tampil Gagah Kenakan Baju Adat Minang di Upacara HUT ke-77 RI

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Pakaian tradisional ikut mewarnai semarak suasana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Selain Presiden Jokowi yang mengenakan baju adat Dolomani dari Provinsi Sulawesi Tenggara, para menteri-menteri pun tidak ketinggalan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di nusantara saat upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan.

Di antaranya Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Dia tampil gagah mengenakan pakaian adat Minang (Minangkabau), Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Menag mengenakan pakaian adat Minang ditemani istri Eny Retno Yaqut yang tampak anggun dengan pakaian kebaya adat Jawa dipadu kerudung krem ​​dan selendang merah.

Khusus pakaian adat yang dikenakan Menag adalah pakaian adat yang umumnya dipakai para datuk atau tetua adat suku-suku di Sumbar.

Menag Yaqut mengenakan baju berwarna hijau toska gelap, selaras dengan warna logo Kemenag. Jenis baju tersebut adalah baju guntiang cino atau baju yang sering dipakai penguhulu,

Pada bagian kerah dan lengan baju tersebut, tersemat bordiran dengan motif kaluak paku, yang merupakan motif tradisional ukiran di Minangkabau.

Untuk atasan, Menag mengenakan peci berwarna senada dan juga terdapat bordir bergambar kaluak paku.

Sedangkan untuk bawahan, Menag mengenakan celana dengan warna senada dengan baju, dipadu dengan selempang songket tradisional Minang atau lebih dikenal dengan sebutan ‘sasampiang’ berwarna keemasan.

Menag tampak tiba di Istana Merdeka pukul 09.30 WIB setelah sebelumnya memimpin dan menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia sekaligus menyematkan anugerah tanda kehormnatan Satyalencana di Lapangan Upacara Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat,  Jakarta.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka dengan pakaian adat nusantara. Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sementara Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengenakan pakaian adat Provinsi Banten. Begitu juga dengan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti mengenakan pakaian adat saat membacakan teks Proklamasi usai Presiden Joko Widodo memimpin proses mengheningkan ciptakan.

Baca Juga: Ada Upacara Bendera HUT ke-77 RI di Atas Perahu di Padang, Ini Pesan Penting yang Disampaikan

Dalam kesempatan itu, Menag membacakan doa dan memohon kepada Tuhan YME agar Indonesia diberi kekuatan untuk pulih lebih cepat lebih kuat. Menatap masa depan, menyongsong Indonesia maju bermartabat. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist