Dukung Pariwisata Danau Maninjau, Gubernur Mahyeldi Siap Bangun Jalan Sungai Batang – Malalak

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menerima kunjungan tokoh masyarakat Nagari Sungai Batang Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam di Kompleks Gubernuran, Kamis (21/7/2022).

Dalam pertemuan yang berlangsung santai penuh keakraban, Gubernur Mahyeldi menyampaikan bahwa Sungai Batang merupakan salah satu ikon Maninjau dengan potensi pariwisata yang harus dikembangkan.

“Maninjau, khususnya Sungai Batang memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Tempat lahirnya tokoh-tokoh bangsa seperti Buya Hamka, Syekh Amrullah dan kemarin baru saja masuk 50 besar Anuegrah Desa Wisata Indoensia (ADWI). Maka perlu didukung dengan sarana prasarana yang memadai. Salah satunya  akses jalan alternatif yang nantinya bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan,” kata Mahyeldi.

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar siap untuk memulai pembangunan jalan Sungai Batang – Malalak, jika lahan sudah disediakan masyarakat. Bahkan, sebagai bentuk keseriusan, orang nomor satu di Sumbar ini akan melakukan survei dengan berjalan kaki untuk melihat langsung track jalan bersama OPD.

Tokoh Muda Maninjau, Reido Deskumar yang hadir dalam pertemuan tersebut sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan Gubernur Sumbar untuk membuka jalur alternatif Sungai Batang – Malalak.

“Jalan artenatif ini memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat Salingka Danau Maninjau. Pariwisata akan berkembang dan pastinya akan menggerakan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sosok yang juga mantan Presiden Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) ini menambahkan, dukungan Gubernur Sumbar harus segera ditindaklanjuti. Sehingga rencana besar ini bisa terealisasi. Selain itu, ia berharap adannya kebersamaan dan dukungan semua pihak untuk menyukseskan pembangunan jalan tersebut.

Senada dengan itu, Wali Nagari Sungai Batang, A. Datuak Bandaro Kayo juga berterima kasih atas dukungan Gubernur Mahyeldi.

“Kami tidak menyangka respons Pak Gubernur sangat cepat. Tentu kami harus lebih cepat lagi bergerak di lapangan untuk memuluskan niat baik pembangunan 11 km jalan Sungai Batang – Malalak,” ungkapnya.

Baca juga: Pemerintah Terus Berusaha Konkretkan Revitalisasi Penyelamatan Danau Maninjau

Turut hadir dalam pertemun tersebut tokoh perwakilan masyarakat Sungai Batang: Datuk Batuah, Datuak Sati, Datuak Basa Bandaro, Anggota PPNSI Agam, Pokdarwis Sungai Batang, dan Kepala Jorong Nagari. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist