DLH Kota Padang Tanam Ratusan Bibit Ubi Jalar di Taman Kota

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Ratusan bibit ubi jalar ditanam di sejumlah median jalan Kota Padang

Padang, Padangkita.co– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menanam bibit ubi jalar di sejumlah taman di tengah kota.

Penanaman bibit ubi trsebut melanjutkan kampanye program migrasi taman bunga yang telah berjalan sejak awal tahun 2021 menjadi taman buah produktif di sejumlah pusat Kota Padang.

Penanaman bibit ubi jalar dimulai dari jalan Hamka, jalan Khatib Sulaiman, Tugu Depan Tugu Adipura, Kecamatan Padang Utara dan kawasan Cimpago dan Muaro Panjalinan, Purus, Kecamatan Padang Barat.

“Sudah ratusan bibit ubi jalar yang kami tanam di sejumlah median jalan Kota Padang yang kami dapatkan dari Balai Gas Pekanbaru, Riau sebanyak 1.800 bibit,” kata Mairizon saat dihubungi Padangkita.com, Minggu (2/5/2021).

Dia berharap taman kota bisa difungsikan dengan baik oleh masyarakat setempat, stigma bahwa selama ini taman kota harus taman buah itu tidaklah mutlak.

Mairizon menjelaskan, konsep taman kota dengan menggabungkan taman bunga dengan buah dan sayuran memiliki fungsi ekologis dan ekonomis.

“Secara ekologis dapat menurunkan suhu, taman kota menjadi lebih teduh dan bisa meresap air,” ujarnya.

Sedangkan secara ekonomis bisa dinikmati bersama-sama oleh masyarakat, sehingga masyarakat lebih memiliki kesadaran untuk merawatnya.

Sejatinya, kata Mairizon, rencana penggantian konsep taman bunga menjadi taman buah dan sayuran sudah dicanangkan pada akhir tahun 2020 lalu.

Baca juga: Bandel dan Tetap Buka di Bulan Ramadan, Ini yang Dilakukan Satpol PP Terhadap Tempat Hiburan Malam di Kota Padang

“Sebelumnya, juga telah ditanam sebanyak 1.800 bibit buah, sudah dilakukan secara bertahap sejak awal 2021,” tuturnya. [rna]

Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler