8 Napi Rutan Kelas IIB Muara Labuh yang Kabur, Terancam Dikirim ke Nusakambangan

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Tidak tertutup kemungkinan akan memberikan sanksi bagi oknum Rutan yang terlibat

Padang, Padangkita.com– Delapan terpidana rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan yang kabur pada Kamis (29/4/2021) malam terancam dikirim ke Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumbar, Andika Dwi Prasetya mengatakan para pelaku sudah merencanakan aksi kabur.

“Mereka itu akan kami kirim ke Nusakambangan, karena sudah merencanakan aksi pelarian jauh hari sebelum dilaporkan kabur,” kata Andika kepada Padangkita.com, Minggu (2/5/2021).

Andika menjelaskan, petugas yang memburu delapan pelaku itu dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sumbar.

“Kami masih menggali untuk mengetahui secara jelas dan apa latar belakang penyebab kejadian itu terjadi, kami meminta pertanggung jawaban kepada pihak-pihak yang memang harus bertanggung jawab,” katanya.

Andika mengatakan, tidak tertutup kemungkinan akan memberikan sanksi bagi oknum Rutan yang terlibat dalam indikasi kesengajaan dan dinilai lalai dalam tugas.

“Pastinya akan diberi sanksi jika ada oknum pegawai yang diduga terlibat dalam kejadian tersebut,” ujarnya.

Dia mengatakan, sebelum Ramadan, Kanwil Kemenkumham Sumbar sudah mengeluarkan surat edaran terkait peningkatan keamanan karena intensitas kegiatan yang tinggi, seperti salat tarawih.

“Kami tidak melarang kegiatan ibadah yang dilaksanakan oleh saudara kita umat muslim tersebut. Pelaku berniat, dengan melihat kesempatan yang ada,” imbuh Andika.

Dia berharap masyarakat, khususnya keluarga dari narapidana tersebut berkenan membantu. Bila mengetahui keberadaan napi yang lari tersebut untuk melaporkan ke petugas.

“Nomor saya ini (0813-9851-3966) sebagai layanan Hotline Kanwil Kemenkumham Sumbar yang aktif 24 jam,” tuturnya.

Selain itu, masyarakat juga bisa menghubungi tiga nomor lain untuk melaporkan keberadaan para tahanan kabur, yakni, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Sumbar (0813-2066-0824).

Baca juga: DLH Kota Padang Tanam Ratusan Bibit Ubi Jalar di Taman Kota

Karutan Kelas IIB Muara Labuh (0822-1111-0544) dan Kepala Bidang (Kabid) Pengamanan Divpas (0813-2957-2798). [rna]

Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler