Cek Google, Ada Karikatur Sariamin Ismail, Novelis Perempuan Pertama di Indonesia Asal Talu Pasaman Barat

Penulis: Zulfikar Efendi

Padang, Padangkita.com – Cek google, hari ini anda akan mendapatkan karikatur seorang perempuan yang terlihat sedang menulis pada selembar kertas. Lalu, juga ada empat lembar kertas yang terlihat seperti beterbangan di sekitar karikatur puan kelahiran Talu, Pasaman Barat (Pasbar) tersebut. Dialah Sariamin Ismail.

Sariamin Ismail juga dikenal dengan nama Selasih/Selaguri. Dalam buku katya Erlis Nur Mujiningsih yang diterbitkan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1995 lalu, dituliskan bahwa Selasih adalah seorang pengarang novel.

“Selasih adalah nama samaran. Nama aslinya Sariamin Ismail. Selasaih dilahirkan di Talu,” tertulis di buku itu.

Kemudian, dijelaskan, nama samaran Sariamin sebagian besar memang diambil dari nama bunga. “Sariamin memang pecinta bunga. Dia mengatakan, bahwa kegemarannya pada bunga sudah sejak kecil, saat sekolah di Padang Panjang,” dikutip dari buku karangan Erlis Nur Mujiningsih tersebut.

Padang, Padangkita.com - Cek google, hari ini ada karikatur seorang perempuan yang terlihat sedang menulis pada selembar kertas.
Novel karangan Sariamin Ismail atau yang dikenal dengan nama Selasih. [Foto: Ist]
Juga diceritakan, bahwa merawat bunga merupakan kebahagian tersendiri bagi Sariamin. Bahkan, di masa tuanya, sejak pagi sampai pukul 11.00 WIB, merupakan waktu untuk Sariamin merawat bunga.

Lalu, aktivitasnya dilanjutkan dengan membaca. Kemudian, pada malam hari Sariamin juga tak melewatkan untuk menonton Dunia Dalam Berita. Setelah itu, ia menghafal beberapa surat dari al-Quran.

Itulah sekilas gambaran dari karikatur perempuan yang tampil di Google Doodle hari ini, Sabtu (31/7/2021). Menampilkan perempuan asal Sumatra Barat (Sumbar) yang lahir 31 Juli 1909.

Gemar Menulis Sejak Kecil

Selasih atau Sariamin Ismail sudah gemar menulis sejak kecil. Bahkan, di usia 11 tahun, dia sudah menulis buku harian yang dinamai Minj Bvriendin.

Terpopuler