UNP Akan Bangun Kampus di Pasaman, Pemkab Pastikan Tanah dan Jalan Dipersiapkan

Penulis: Zulfikar Efendi

Lubuk Sikaping, Padangkita.com – UnIversitas Negeri Padang (UNP) berencana membangun kampus di Kabupaten Pasaman. Bahkan, antara pihak kampus dan pemerintah setempat juga sudah menjalin kerjasama.

Bupati Kabupaten Pasaman, Benny Utama mengatakan, pemerintah sangat mengapresiasi rencana UNP untuk membangun kampus di Pasaman, banyak hal yang bisa dilakukan.

“Kampus UNP yang akan dibangun di Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Ini pasti akan maju dan berkembang. Kita (Pemda) siap fasilitasi tanah dan jalan ke lokasi,” ujar Benny dikutip dari rilis yang diterima Padangkita.com, Minggu (1/8/2021).

Sementara itu, Rektor UNP, Prof Ganefri mengajak untuk bersama-sama membangun Kabupaten Pasaman, terutama dalam membangun sektor pendidikan.

Apalagi, kata Ganefri, saat ini Kabupaten Pasaman, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga masih di bawah rata-rata di Sumbar.

“Akan kita kembangkan prodi-prodi yang terkait dengan pendidikan, pariwisata, argo pertanian. Dengan otonomi yang lebih luas diberikan Kemdikbud-Ristek kepada UNP, kita bisa berinvestasi sesuai dengan potensi di daerah masing-masing,” ujarnya.

Apalagi, jelas Ganefri, tahun 2022 UNP juga akan berubah bentuk menjadi PTN-BH yang diberikan otonomi dalam bidang mengelola keuangan, akademik dan mengelola sumber daya.

“UNP mendukung Bupati Pasaman untuk meningkatkan SDM, terutama bidang pendidikan. Mari bersama-sama memajukan pendidikan di Sumbar.

Baca juga: Unand dan UNP Masuk 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics, Cek Peringkatnya

Tak hanya itu, UNP dan Pemkab Pasaman juga sudah menandatangani kerjasama dan meninjau lokasi akan dibangunnya kampus tersebut. [*/zfk]

Terpopuler