Animasi Islami Nussa Setop Produksi, 1 Januari Episode Terakhir

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Serial animasi bernuansa islami Nussa berhenti tayang karena terdampak pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Ustaz Felix Siauw melalui unggahan dalam akun instagramnya.

Felix menjelaskan, pandemi telah memberikan dampak tersendiri pada tim produksi Nussa. Sejumlah kendala terus dialami di tengah pandemi. Bahkan, kata Felix, 70 persen karyawan yang memproduksi animasi ini harus diberhentikan pada Mei 2020 lalu.

“Sekira di bulan April, temen-temen @nussaofficial hubungi saya, cerita tentang pandemi yang sudah mulai punya efek ke Nussa. Saya sampaikan buat sabar, istiqamah, yang kita buat untuk ummat, karena Allah. Pasti Allah punya rencana besar di balik ini semua,” tulis Felix

“Sebulan berikutnya, Nussa terpaksa layoff 70% karyawannya, pindah kantor ke tempat yang lebih affordable. Saya masih sampaikan buat sabar dan sabar. Kita cari jalan bareng, kerja bareng, adjusment ini dan itu, Alhamdulillah Agustus bisa mulai season 3 Nussa,” lanjutnya.

Diketahui, Nussa adalah sebuah serial animasi Indonesia yang diproduksi oleh studio animasi The Little Giantz dan 4Stripe Productions. Animasi ini ditayangkan pada layanan berbagi-video YouTube sejak November 2018 .

Animasi ini juga tayang melalui dua saluran televisi gratis/FTA Indonesia yaitu NET. selama Ramadan 1440 H/2019 M dan Indosiar sejak Oktober 2019. Selain itu, Nussa juga tayang di saluran berbayar Malaysia Astro Ceria di 2019.

Di tahun 2020, Nussa tayang di MQTV, sebuah stasiun televisi lokal di Kota Bandung. Kemudian, pada bulan Ramadan 1441 H/2020 M, serial ini pindah ke saluran televisi gratis/FTA Indonesia Trans TV.

Baca juga: Cek Spesifikasi Oppo A5, Smartphone 2020 Murah yang Kaya Akan Fitur

Dalam unggahannya, Felix juga menjelaskan, pandemi tidak hanya berdampak pada serial yang ditayangkan di TV atau youtube. Film Nussa yang seharusnya tayang pada lebaran 2020 lalu juga harus diurungkan.

“Berita datang lagi, seharusnya @filmnussa bisa diselesaikan di libur lebaran 2020, bukan hanya mundur sebab pandemi, tapi dibatalkan buat ditayangkan, sebab kondisi nggak memungkinkan. Situasi tambah nggak menentu. Saya tetep bilang ke mereka buat sabar,” jelas Felix.

Menurut Felix, cobaan untuk tim produksi Nussa tak kunjung usai bahkan hingga akhir tahun 2020 lalu. Meski demikian, ia mengaku tetap memberi motivasi pada tim produksi untuk tetap sabar.

“Lagi-lagi saya bilang, “sabar”. Mungkin itu bukan untuk mereka aja, tapi untuk saya sendiri, yang nyaksiin Nussa lahir, bermain-main dan menemani umat Islam di Indonesia, dengan segala haru, dan sukacitanya. Mungkin jalannya sudah sampai di sini,” katanya.

Selain itu, Felix juga mengaku, animasi Islami ini juga kerap dituding memuat konten radikal dan intoleran tanpa argumen yang jelas.

Kita yakin Allah pasti akan kasih jalan, walau bukan saat ini. Di Indonesia, nggak semua yang baik, apalagi islami bisa diapresiasi. Berkali-kali juga saya harus bilang SABAR, karena Nussa terus difitnah sebagai konten radikal dan intoleran katanya,” ujar Ustaz yang juga penulis buku Islami ini.

Felix lantas menekankan, episode terakhir Nussa ditayangkan pada Jumat, 1 Januari 2021 lalu. Menurutnya, hingga saat ini belum ada kepastian tentang kapan Nussa akan kembali diproduksi.

“Jadi, Jumat kemarin itulah episode Nussa yang temen-temen bisa nikmati untuk terakhir. Yang hanya Allah yang tahu kapan kita bisa lanjut lagi,” katanya.

“Jadi, Jumat kemarin itulah episode Nussa yang temen-temen bisa nikmati untuk terakhir. Yang hanya Allah yang tahu kapan kita bisa lanjut lagi,” pungkas Felix. [try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist