Daftar 10 Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan di Masa Depan, Ada Pilihanmu?

Daftar 10 Jurusan Kuliah yang Sangat Dibutuhkan di Masa Depan, Ada Pilihanmu?

Ilustrasi wisuda lulusan perguruan tinggi yang siap memasuki dunia kerja. [Foto: Pixabay]

Padang, Padangkita.com – Saat ini adalah masa-masa yang tepat mempertimbangkan memilih jurusan kuliah untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi.

Salah memilih jurusan, bisa jadi akan menjadi penyesalan seumur hidup. Sebaliknya, pintar menangkap peluang akan membuka pintu yang lebih lebar menjadi sukses.

Salah satu yang mesti menjadi pertimbangan adalah kemungkinan kebutuhan perkembangan zaman di masa depan. Nah, ada sejumlah jurusan atau kompetensi yang diprediksi bakal sangat dibutuhkan dunia industri di masa yang akan datang.

Mengutip NaikPangkat.com, sejumlah jurusan kuliah yang akan sangat dibutuhkan di antaranya computer engineer, web design, data analyst sampai dengan pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan teknologi. Merujuk data Oxford Economiscs dan AS Cisco, perubahan yang terjadi dapat menghasilkan 28 juta jenis pekerjaan baru dalam dekade selanjutnya.

Temuan World Economic Forum dalam Future of Jobs Report tahun 2020, di masa depan akan terdapat perubahan mengenai pola kerja, karena tenaga kerja otomatisasi yang meningkat lebih cepat dari perkiraan.

Sehingga hal ini juga dapat menciptakan 97 juta pekerjaan baru, kreativitas, fleksibilitas dan kemampuan berpikir analitis menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari. Lalu, supaya tidak ketinggalan maka harus mencari jurusan yang dibutuhkan banyak pekerjaan di masa depan.

Berikut merupakan jurusan kuliah yang akan sangat dibutuhkan di masa depan, yang tentu saja bisa menjadi bahan pertimbangan untuk yang akan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2023 ini.

1. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang tergolong baru di Indonesia. Tahun 2021, hanya terdapat di Universitas Airlangga (Unair) yang baru mempunyai jurusan kuliah ini. Ke depannya jurusan ini akan sangat diminati seiring dengan kebutuhan kecerdasan buatan atau AI di banyak perusahaan.

2. Jurusan Teknik Elektro

Ilmu dari jurusan kuliah ini telah terbukti sangat dibutuhkan sampai sekarang dan masa depan. Tanpa adanya lulusan dari jurusan elektro, perkembangan teknologi komunikasi dan internet tidak akan sebaik sekarang. Makanya, jurusan ini termasuk salah satu jurusan yang paling banyak diminati.

3. Jurusan Teknik Mesin

Teknologi tidak akan berkembang dan bergerak jika tidak terdapat lulusan dari jurusan teknik mesin. Jurusan ini termasuk ke dalam jurusan yang paling banyak dicari di masa depan.

4. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati di masa depan. Sebab, mahasiswa yang ada di jurusan ini dibentuk supaya menjadi ahli di dalam bidang teknologi. Bahkan di jurusan ini akan dipelajari tentang pemrograman sampai dengan membuat aplikasi.

5. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan ini termasuk jurusan yang paling tinggi peminat. Bahkan jurusan ini akan menjadi booming di masa depan. Sebab, perusahaan banyak yang membutuhkan lulusan yang paham dasar computing dan matematika, prinsip teknologi informasi sampai dengan pengelolaan dan evaluasi terkait sumber daya informasi.

6. Jurusan Ilmu Komputer

Adanya kemajuan dari teknologi yang mengarah kepada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi, maka hal ini membuat jurusan kuliah ilmu komputer banyak diincar.

7. Jurusan Matematika

Tidak hanya menjadi seorang guru atau dosen, lulusan dari jurusan matematika juga banyak dibutuhkan di masa depan. Sebab, keilmuan dari lulusan jurusan ini dalam menghitung dibutuhkan oleh setiap perusahaan teknologi.

8. Jurusan Teknik Biomedik

Jurusan ini merupakan gabungan dari ilmu kedokteran dan keteknikan yang mempelajari mengenai percancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan. Jadi, jurusan ini ada untuk membangun teknologi di dalam masalah kesehatan demi mengembangkan industri alat medis.

9. Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari mengenai strategi pengelolaan sumber daya secara terbatas, menyangkut persoalan permintaan yang tidak terbatas, sehingga dapat mencapai kesejahteraan.

Kemampuan dalam menyusun strategi seperti ini juga sangat dibutuhkan pada instansi pemerintahan dan swasta. Maka dari itu, lulusan jurusan kuliah ilmu ekonomi akan terus dibutuhkan hingga masa depan.

10. Jurusan Statistika

Salah satu profesi yang juga dibutuhkan di masa depan yaitu profesi data scientist. Menjadi data scientist, dapat berasal dari jurusan statistika. Hal ini disebabkan karena mahasiswa jurusan kuliah ini akan mempelajari tentang tata cara mengumpulkan, mengelola, mengolah, menginterpretasikan, menganalisis, hingga menyajikan data.

Baca juga: Mau Kuliah di Unand? Cek Dulu Daftar 10 Prodi dengan Keketatan Tertinggi di Sini

Nah, itulah 10 jurusan kuliah yang akan sangat dibutuhkan di masa depan. Silakan pilih salah satu yang sesuai dengan minat dan bakat. Namun begitu, sejumlah jurusan tentu saja tidak serta merta akan hilang atau tidak dibutuhkan lagi. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Baca Juga

Ini 8 Teknologi yang Diterapkan dan Dikembangkan HK dalam Pengelolaan Jalan Tol
Ini 8 Teknologi yang Diterapkan dan Dikembangkan HK dalam Pengelolaan Jalan Tol
Bintang Pelajar Libatkan Puluhan Ribu Siswa Ikuti KENAL UTBK SNBT 2024
Bintang Pelajar Libatkan Puluhan Ribu Siswa Ikuti KENAL UTBK SNBT 2024
Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5, Hadirkan Fleksibilitas dan Keserbagunaan
Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5, Hadirkan Fleksibilitas dan Keserbagunaan
Mengenal Teknologi Beton Kinerja Tinggi yang Digunakan Membangun Jembatan Besar
Mengenal Teknologi Beton Kinerja Tinggi yang Digunakan Membangun Jembatan Besar
Mengenal Jala Penutup Lereng Gunung Bernama Geomat, Ini Kegunaan dan Kelebihannya
Mengenal Jala Penutup Lereng Gunung Bernama Geomat, Ini Kegunaan dan Kelebihannya
Tak Perlu Berhenti, Bayar Tol Semua Kendaraan Cukup lewat Aplikasi Pakai Teknologi MLFF
Tak Perlu Berhenti, Bayar Tol Semua Kendaraan Cukup lewat Aplikasi Pakai Teknologi MLFF