6 Fakta Keberadaan Etnis Nias di Kota Padang

Padang, Padangkita.com – Perjalanan panjang sejarah kota Padang hingga sekarang tidak terlepas dari keberadaan berbagai macam sukubangsa (etnik) yang bermukim di sini. Salah satu di antaranya ialah etnik (orang) Nias.

Berikut fakta tentang keberadaan etnis Nias di Kota Padang seperti dipaparkan Anatona Gulo, seorang Dosen Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Univeritas Andalas yang disampaikan pada Seminar Sehari Padang Lama Dalam Perspektif Sejarah dan Masa Depan di Padang, 6 Februari 2020 :

1. Sudah Ada Sejak Abad 17

Kedatangan etnis Nias di kota Padang sudah dimulai sejak masa VOC (kompeni) Belanda dan EIC Inggris saat menguasai aktivitas dan jalur perdagangan di pantai barat Sumatera (Sumatra’s Westkust) pada abad ke-17 hingga 18. Hal ini kemudian terus berlanjut pada masa pemerintah kolonial Hindia Belanda dan Jepang sampai memasuki periode kemerdekaan.

Salah satu pasal dalam kontrak pernjanjian antara VOC dengan pemuka masyarakat Nias di Teluk Dalam tahun 1693 antara lain kesepakatan mengenai pengiriman komoditas perdagangan dari Pulau Nias ke Padang.

Mirip dengan kota-kota lain, Padang juga memiliki beberapa nama kampung yang menggunakan nama etnik. Hal ini menandakan bahwa sejak dulu kota ini sudah banyak didatangi oleh masyarakat suku lain dari luar Sumatera Barat, salah satunya adalah Kampung Nias.

Terpopuler