55 Calon Guru Penggerak Pasbar Ikuti Lokakarya 

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak 55 orang guru di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengikuti kegiatan Lokakarya Pembekalan Calon Guru Penggerak (PGO) di SMPN 1 Luhak Nan Duo, Sabtu (21/5/2022) kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pasbar, Agusli mengatakan, PGP merupakan program nasional yang bertujuan untuk peningkatan layanan pendidikan yang berkualitas melalui guru.

“Kita berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Pasbar dan Pemda juga berkomitmen mendukung program ini agar berjalan dengan sukses,” katanya kepada Padangkita.com di Simpang Empat, Minggu (22/5/2022).

Menurutnya, walaupun seleksi ini tidak semudah yang dibayangkan, namun pihaknya bersyukur sebanyak 55 orang guru lolos dari seluruh tahapan seleksi yang dilaksanakan.

“Kita patut bersyukur karena seluruh tahapan seleksi PGP angkatan ke 5 ini berjalan lancar dan berhasil memenuhi kuota untuk Pasbar,” ujar Agusli.

Disampaikan Agusli, dimana kegiatan lokakarya ini dilakukan atas kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasaman Barat dengan P4TK Matematika Yogyakarta.

“Kegiatannya berupa pembekalan awal terhadap 55 orang Calon Guru Penggerak dan langsung dikoordinir oleh tim dari P4TK Matematika Yogyakarta,” tambahnya.

Ditegaskan, agar semua Calon Guru Penggerak untuk tetap semangat menjadi pemimpin dan penggerak merdeka belajar, karena saat ini para guru penggerak diberi kemampuan dan kewenangan untuk melakukan perubahan sebagai pemimpin pendidikan.

“Dari para guru penggerak ini nantinya diharapkan akan terbentuk siswa-siswi atau pelajar yang pancasila, unggul dan berkarakter seperti yg kita cita-citakan. Kemudian diharapkan kepada calon Guru Penggerak agar nantinya dapat menjadi katalis perubahan pendidikan Pasaman Barat,” paparnya.

Menurutnya, hal itu dapat dilakukan jika PGP dapat menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah, menjadi pendamping bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran, mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah serta dengan membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan stakeholder.

Baca Juga: Kabar Baik, Kini Warga Pasbar Urus Paspor Tak Perlu Jauh-jauh ke Agam atau ke Padang

“Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim P4TK Matematika Yogyakarta yang dikomandoi oleh Ibu Supinah dan rekan-rekan lainnya atas kesediaannya telah hadir di Pasbar. Namun demikian, kami sangat berharap kiranya dapat selalu memberikan bimbingan kepada kami agar kedepan pendidikan di Pasbar semakin maju dan sukses,” pungkasnya. [rom/isr]

Terpopuler

Add New Playlist