Bupati Pasbar Bahas Rencana Pengendalian Banjir dan Normaliasi Batang Bantahan di Medan

Penulis: Isran Bastian

Simpang Empat, Padangkita.com – Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi bersama Kepala Dinas PUPR Jhon Edwar dan stakeholder terkait lainnya, menghadiri Sidang IV Balai Wilayah Sungai (BWS) Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) di Kota Medan.

Kunker mereka kali ini untuk merumuskan pengelolaan sumber daya air di wilayah Sungai Batang Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasbar. Kegiatan ini berlangsung sejak 15 hingga 17 November 2022.

“Ini membahas tentang eksistensi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), agar penanggulangan banjir di daerah dapat diatasi,” beber Hamsuardi dalam keterangannya pada Padangkita.com, Kamis (17/11/2022).

Bupati dalam kesempatan ini memberikan masukan kepada anggota TKPSDA terkait kondisi Batang Batahan, dan bagaimana rencana yang akan dilakukan kedepannya, termasuk bagaimana penanggulangan tebing di wilayah sungai tersebut.

“Kita sudah dua kali hadir dalam kegiatan ini dengan harapan agar pengelolaan sumber daya air di Sungai Batahan ini dapat bermanfaat,” katanya.

Di samping itu, Bupati berharap agar kegiatan ini dapat merumuskan keterpaduan antar ruang air, sehingga terjadi integrasi tata ruang dan ruang air untuk kebijakan rencana pembangunan, terutama dalam pengelolaan sumber daya air.

Baca Juga: Innalillahi, Wadir Reskrimum Polda Sumbar Tewas di Salah Satu Kamar Hotel di Pasbar

“Air merupakan sumber daya yang sangat vital, keberadaannya tidak bisa tergantikan oleh apapun, sehingga melalui Sidang IV TKPSDA,” jelasnya.

Terakhir Bupati menekankan sidang ini mesti mampu merumuskan yang terbaik untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya air, yang terpadu dan memberikan dampak yang bermanfaat bagi masyarakat. [rom/isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist