3 Pulau di Kota Padang yang Cocok Buat Healing, Buruan Cek Bestie!

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Kota Padang ternyata memiliki pulau-pulau indah yang cocok untuk dijadikan lokasi berlibur lo! Meskipun berada di kawasan kota, pulau-pulau kecil di kota ini punya daya pikat tersendiri.

Berada di kawasan pantai barat Pulau Sumatra, Kota Padang turut diberkahi keindahan bahari yang luar biasa. Selain daratan, kota ini juga memiliki 19 pulau. Tiga di antaranya termasuk pulau yang berukuran agak besar.

Belasan pulau itu berada di tiga kecamatan, dengan yang terbesar adalah Pulau Bintangur seluas 56,78 ha, kemudian Pulau Sikuai di Kecamatan Bungus Teluk Kabung seluas 48,12 ha dan Pulau Toran di Kecamatan Padang Selatan seluas 33,67 ha.

Nah, bicara soal wisata pulau yang cocok untuk dijadikan destinasi healing, selain Sikuai, masih ada sejumlah pulau lainnya yang bisa anda kunjungi jika berlibur ke Kota Padang.

Berikut daftar 3 pulau di Kota Padang yang cocok buat healing:

1. Pulau Sirandah

Pulau Sirandah. [Foto: Ist]
Pulau Sirandah terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Sesuai namanya, ‘Sirandah’ yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘si rendah’, pulau ini memiliki bentang yang hampir semuanya datar tanpa perbukitan.

Pulau ini memiliki hamparan pasir putih nan cantik yang tentunya sangat memanjakan mata siapa yang saja yang melihatnya. Karena letaknya yang tak jauh dari pusat Kota Padang, pada akhir pekan pulau ini ramai dikunjungi para traveler baik domestik maupun asing.

Untuk menjangkau pulau ini, anda bisa naik boat dari berapa rute untuk sampai ke pulau. Di antaranya bisa melalui Pelabuhan Muaro Padang, Pantai Bungus, Pantai Sungai Pisang ataupun dari Mandeh, Pesisir Selatan.

Untuk gambaran biaya, ongkos boat dari Pantai Sungai Pisang dipatok kisaran Rp50 ribu sampai Rp100 ribu perorang. Kalau ramai, bisa kurang, tergantung nego dengan para nelayan setempat yang menawarkan jasa boat.

Pulau ini sudah dikelola oleh investor, sehingga untuk pasokan listrik kamu tak perlu cemas, termasuk juga untuk sinyal seluler di sini sudah 4G.

2. Pulau Sikuai

Panorama dari atas bukit di Pulau Sikuai. [Foto: Dok. Google Maps/Rudi Wijaya]
Masih berlokasi di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Pulau Sikuai adalah pulau cantik selanjutnya yang dapat kamu kunjungi jika berwisata ke Kota Padang.

Dulu, saat dikelola salah satu investor, pulau ini pernah berjaya dengan banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang untuk berlibur.

Keindahan Pulau Sikuai begitu sangat diminati, selain itu pulau yang memiliki luas sekitar 44 ha ini juga dilengkapi dengan resort atau penginapan yang mewah.

Beberapa tahun yang lalu, Pulau Sikuai sempat ditutup karena adanya permasalahan managemen. Namun saat ini Pulau Sikuai sudah dibuka kembali, dan masih indah serta layak untuk dijadikan destinasi wisata menarik bersama keluarga atau kawan komunitas.

Pulau Sikuai memiliki sebuah pantai yang sangat cantik, dengan air lautnya yang berwarna biru serta hamparan pasir putihnya yang lembut.

Meskipun tak bisa seperti dulu, namun masih banyak keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pulau Sikuai ini.

Untuk menjangkau pulau ini, anda bisa naik boat dari berapa rute untuk sampai ke pulau. Di antaranya dari Pelabuhan Muaro Padang, Pantai Bungus, Pantai Sungai Pisang.

3. Pulau Sawo

Sejumlah wisatawan saat menikmati pasir putih nan cantik di Pulau Sawo. [Foto: Isran/Padangkita.com]
Jika pulau-pulau yang lain sangat familiar di telinga masyarakat Sumbar, pulau di Kota Padang yang satu ini memang tak banyak yang tahu, namun soal keindahannya jangan anggap sepele, keindahan alamnya masih sangat alami, karena jarang terjamah, alias masih ‘perawan’

Namanya Pulau Sawo. Pulau cantik ini mudah dan cepat diakses dari pusat Kota Padang.

Pulau Sawo terletak di Kecamatan Koto Tangah, merupakan pulau non-urban, dengan luas 4,6 ha dan merupakan pulau paling Utara di Kota Padang.

Berlokasi tak jauh dari pusat kota, sekitar 2,2 km, berkunjung ke Pulau Sawo cukup 10 menit saja naik kapal wisata dari Dermaga Muaro Panjalinan, Tabing.

Pulau ini memiliki kontur relatif datar yaitu 0 – 5% dari permukaan laut. Pada bagian luar (pheriphery) terdapat hamparan pantai pasir putih dan bersih.

Pulau Sawo masih alami dan belum terganggu oleh banyak aktivitas manusia, didominasi oleh pohon kelapa. Pulau ini selalu menjadi tempat perlindungan bagi masyarakat nelayan apabila terjadi badai. Untuk sumber air bersih di pulau ini bisa diperoleh apabila membuat sumur.

Baca Juga: Investor asal Italia akan Bangun Hotel – Restoran dan Kelola Pulau Tangah di Pariaman

Dilihat dari kondisi fisik dasar, Pulau Sawo berpotensi untuk dikembangkan kegiatan wisata bahari seperti: berenang, menyelam, camping, berpetualang, menikmati panorama dan bermain pasir sambil mencari biota laut. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist