Pemerintah Buka Lowongan CPNS di 2018

Aparatus Sipil Negara (ASN). Dok: Setkab.go.id

Padangkita.com – Kabar gembira. Pemerintah kembali berencana membuka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur ada sekira 120 ribu lowongan yang akan dibuka. Jumlah tersebut berdasar PNS yang sudah memasuki masa pensiun.

“Insyaallah kita buka pakai metode minus gross. Akan ada 120 ribu orang calon PNS termasuk formasi untuk pegawai daerah,” kata Asman dikutip dari liputan6, Kamis (08/03/2018).

Menurut Menpan, sudah 4 tahun pemerintah melakukan moratorium penerimaan CPNS. Menurutnya, dalam rentang waktu tersebut, sudah ada sekitar 400 ribu PNS yang pensiun.

Sementara itu, pada tahun 2017, sebanyak 37 ribu PNS sudah diterima untuk formasi pemerintah pusat. Formasi tersebut diperebutkan sebanyak 1,2 juta peserta.

Menurut Asman, setelah dikalkulasi masih ada 220 ribu posisi PNS yang kosong lantaran ditinggal pensiun.

Asman lantas meminta agar DKI cepat mengajukan formasi penerimaan CPNS di daerahnya. Dia meminta agar Badan Kepegawaiam Daerah (BKD) menghitung beban kerja yang dibutuhkan, terutama tenaga guru dan kesehatan.

“Tolong prioritaskan guru dan kesehatan, 2018 mohon kalau bisa awal Januari sudah menerima rencana usulan,” tandas Asman.

Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, Kementerian PANRB telah mengusulkan jumlah pembukaan CPNS 2018 ke Kementerian Keuangan.

“Yang jelas pada 2018 itu yang akan pensiun itu sebanyak 250 ribu orang, dimana 38 ribu itu di pemerintah pusat dan sisanya di daerah. Posisi terakhir baru itu yang kami sampaikan ke Kementerian Keuangan untuk 2018,” kata dia dalam Media Gathering di Bogor, Rabu (13/12/2017).

Pemerintah tetap melakukan seleksi CPNS 2018 dengan sistem zero growth, mengingat moratorium sampai saat ini belum dicabut oleh Menteri PAN-RB. Artinya, tambahan CPNS tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun.

Baca juga:
Pemko Padang Berharap Dibukanya Penerimaan CPNS di 2018