Pemerintah Buka Lowongan 19.210 CPNS, Berikut Formasinya

Menteri PANRB Asman Abnur saat jumpa pers mengenai pembukaan pendaftaran CPNS di Jakarta, Selasa (11/07) (Foto: humas PANRB)

Padangkita.com – Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka penerimaaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017.

Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan dua lembaga negara tersebut membutuhkan 19.210 CPNS, terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) sedangkan di Kementerian Hukum dan HAM membutuhkan sebanyak 17.962 kursi CPNS.

Pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1 – 31 Agustus.

Menteri PANRB, Asman Abnur mengatakan formasi CPNS untuk Mahkamah Agung adalah calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Sedangkan kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.962 kursi, 14.000 kursi diantaranya untuk jabatan penjaga Lapas atau sipir. 2.278 untuk analis keimigrasian. Untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Bahasa Asing.

Informasi lengkap mengenai rekruitmen CPNS ini dapat dilihat di situs:
a.Situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id
b.Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id
c.Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.id, http://badilum. mahkamahagung.go.id, http://badilag.mahkamahagung.go.id, http://ditjenmiltun. mahkamahagung.go.id/
d.Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id

Seperti tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Baca juga:
Kepada Dewan Pers, Kapolresta Padang Janji Tuntaskan Kasus Juliet