Antisipasi Sampah ke Laut, DLH Padang Pasang Jaring-Jaring

Tumpukan sampah di sepanjang Pantai Padang, Selasa (09/10/2017)

Padangkita.com – Mengantisipasi bertambahnya sampah yang terbuang dan bertumpuk di kawasan Pantai Padang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang berencana memasang lima buah jaring di kawasan jelang pintu muara Pantai Padang.

Diharapakan dengan adanya jaring-jaring ini, sampah bisa tertahan dan tidak sampai masuk dan berserakan di laut atau sepanjang pinggiran pantai.

“Kita akan pasang jaring di lima titik dari tali agar sampah tidak masuk ke laut. Di Muara Padang ada dua. Satu di daerah Seberang Palinggam, satu di Kali Mati Berok. Kemudian di Kawasan Muaro Lasak, Pintu Air Gor, dan satu lagi di Muaro Penjalinan,” ujarnya saat ditemui saat pembersihan kawasan Muaro Lasak, Kamis (12/10/2017).

Baca juga:
150 Ton Sampah Penuhi Kawasan Pantai Padang
2 Alat Berat dan 13 Truk Dikerahkan untuk Bersihkan Sampah Pantai Padang

Ia menambahkan, selain pemasangan jaring di sejumlah sungai, dalam tahun ini juga akan disediakan perahu motor yang bisa mengangkut tiga kubik sampah yang berserakan di sungai-sungai, maupun sampah yang tersangkut di lima jaring yang akan dipasang.

“Dalam tahun ini insya Allah kita akan sediakan armada laut berupa perahu bermotor yang bobotnya bisa tiga kubik angkut sampah, sekaligus survei daerah sungai,” ungkapnya.

Selain tambahan peralatan untuk pembersihan, masyarakat juga diharapkan untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan khususnya ke sungai. Selain itu perusahaan yang membuat limbah juga diminta untuk tidak membuang limbah saat hujan turun.

Saat ini pemerintah Kota Padang terus mengintensifkan pembersihan kawasan Pantai Padang dari tumpukan sampah. Tumpukan tersebar di sejumlah titik seperti di depan Lapas Kelas 2 A Padang, maupun di Muaro Lasak.

Sebelumnya, jumlah sampah yang bertebaran di sepanjang pesisir pantai Padang pasca 2 hari hujan lebat disertai badai yang mengguyur wilayah tersebut diperkirakan mencapai 150 ton.

Sampah berupa plastik, potongan kayu, botol minuman, dan lain sebagainya berserakan dan bertebaran di hampir seluruh wilayah di pesisir pantai kota Padang.

Pemerintah Kota Padang berupaya keras untuk membersihkan tumpukan sampah dengan menggunakan alat berat dengan melibatkan puluhan pekerja.

Deni Harzandi, Kabid Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang mengatakan tumpukan sampah di sepanjang pesisir pantai kerap kali terjadi setelah hujan lebat .