2 Alat Berat dan 13 Truk Dikerahkan untuk Bersihkan Sampah Pantai Padang

Alat berat yang diturunkan oleh pemko Padang untuk membersihkan kawasan pantai Padang dari tumpukan sampah. Sampah sendiri diperkirakan mencapai 150 juta ton. (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Pemerintah kota Padang mengerahkan 13 mobil pengangkut sampah dan 2 alat berat untuk mengeluarkan sampah-sampah yang berserakan di sepanjang pesisir pantai Padang. Hari ini, Kamis (12/10/2017) fokus pengerjaan pembersihan samaph dilakukan di kawasan pantai Muaro Lasak.

Dinas lingkungan hidup Kota Padang memperkirakan sebanyak 90 ton sampah bertumpuk di kawasan Muaro Lasak. Sementara sisanya tersebar di kawasan dekat Muaro Padang.

Baca juga:
150 Ton Sampah Penuhi Kawasan Pantai Padang
Banjir Besar dan Pembangunan Kanal di Padang 1911

Deni Harzandi, Kabid Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang mengatakan selain mengerahkan alat berat, juga dikerahkan belasan truk untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir.

Menurutnya pengerjaan pembersihan sampah yang mengotori kawasan pantai Padang tersebut telah dilakukan sejak kemarin, Rabu (12/10/2017).

“Kita sudah keluarkan kemarin 8 dump truk. 1 dump truk bermuatan 4 ton. Sekarang kita kerahkan 12 tipper dan 1 ambrol,” katanya kepada Padangkita.com, Kamis (12/10/2017).

Dia memprediksi sampah-sampah tersebut baru bisa dibersihkan dalam waktu 3 hari ke depan mengingat banyaknya jumlah sampah yang ada.

Sampah yang mengotori pantai dan mencemari laut itu sudah berlangsung bertahun – tahun. hal ini diduga akibat budaya warga di sepanjang aliran sungai yang suka membuang sampah sembarangan.

Banyaknya sampah yang berserakan di kawasan pantai Padang yang merupakan daerah wisata tersebut dapat mengancam turunnya jumlah wisatawan ke pantai Padang.

Seperti diketahui, Pantai Padang merupakan objek wisata utama dan andalan di ibukota provinsi Sumatera Barat itu.

(Aidil Sikumbang)

BAGIKAN