Waspadai Penyakit Sirosis Hati yang Merenggut Nyawa Komedian Yanto Tampan

Penulis: Erika

Berita viral terbaru dan berita trending terbaru: mengenal penyakit sirosis hati yang diderita oleh Yanto Tampan hingga sebabkan kematian.

Padangkita.com – Yanto Tampan, komedian sekaligus aktor ini meninggal dunia pada Jum’at, 26 Februari 2021 di kediamannya kawasan Citayam, Depok.

Pemilik nama lengkap Pudjianto ini menghembuskan napas terakhirnya di usia 61 tahun. Ia meninggalkan satu orang istri dan empat anaknya.

Diketahui Yanto Tampan meninggal dunia karena penyakit sirosis hati yang sudah dideritanya sejak tahun 2018 lalu.

Lantas, apa itu penyakit sirosis hati tersebut?

Melansir dari alodokter.com, sirosis merupakan kondisi rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan parut. Jaringan parut itu sendiri terbetuk akibat penyakit liver yang berkepanjangan.

Orang yang rentan terkena penyakit sirosis hati ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah mengonsumsi alkohol secara berlebihan, terlalu sering begadang, atau kurang tidur.

Tidak hanya itu, risiko penyakit sirosis hati ini juga dapat meningkat jika terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, camilan tidak sehat yang mengandung banyak pengawet, serta makanan berlemak.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab sirosis hati yang patut diwaspadai, seperti infeksi virus hepatitis kronis, penyakit perlemakan hati non-alkoholik, penyakit saluran empedu, hingga penyakit genetik.

Terkadang kerusakan hati tidak disadari hingga muncul gejala sirosis hati. Beberapa gejala yang dapat ditemukan adalah mual, insomnia, mudah lelah, nafsu makan menurun, kulit gatal, perut membesar, telapak tangan memerah, nyeri perut, BAB berdarah, mudah memar, hingga penyakit kuning.

Pengobatan yang dilakukan untuk menangani sirosis hati bisa berbeda-beda, tergantung pada penyebab dan keparahan penyakit. Pengobatan tersebut bertujuan untuk mencegah kerusakan hati bertambah parah.

Ada baiknya untuk pengobatan penyakit sirosis hati ini berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jangan mengonsumsi obat-obatan sembarangan tanpa konsultasi dari ahlinya karena dapat memperberat kerja organ hati.

Selain melakukan pengobatan, penyebab yang mendasari timbulnya penyakit sirosis hati juga perlu diatasi.

Baca Juga: Kisah Pilu Gadis Remaja yang Besarkan Adik Seorang Diri di Rumah Reyot, Ayah Meninggal, Ibu Kawin Lagi

Caranya dengan menghentikan konsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi obat antivirus untuk hepatitis, dan menurunkan berat badan pada pasien sirosis dengan obesitas. [*/rik]


Baca berita viral terbaru dan berita trending terbaru hanya di Padangkita.com.

 

Terpopuler