Ternyata Ini Trik Rahasia Cara Membuat Minuman Teh Telur Khas Minang yang Enak

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Teh talua atau teh telur merupakan salah satu minuman khas orang Minang yang wajib ada di warung tradisional maupun rumah makan padang.

Teh talua dipercaya sebagai minuman yang memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai penambah tanaga dan vitalitasi.

Jadi tidak perlu heran, minuman olahan teh dan kuning telur ini sangat digemari masyarakat maupun para wisatawan yang berkunjung ke Padang.

Untuk bisa mengonsumsinya, selain dapat memesan di berbagai warung maupun rumah makan padang, kamu dapat membuatnya sendiri.

Membuat teh talua sendiri di rumah tidak sulit asalkan semua bahan sudah tercukupi. Namun ada sejumlah trik agar bisa menghasilkan minuman teh talua yang nikmat.

Berikut sejumlah trik dan resep rahasia yang Padangkita.com rangkum dari sejumlah pemilik warung minuman tradisional di Padang.

1. Menggunakan telur itik

Kebanyakan minuman teh telur yang dijual di kedai maupun rumah makan padang menggunakan telur ayam ras atau telur ayam kampung.

Namun untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat atau lebih gurih dan khasiat yang lebih banyak, kamu dapat menggunakan kuning telur itik.

2. Dikocok menggunakan lidi

Salah satu trik agar buih teh telur dapat keluar dan banyak adalah dikocok dengan batang lidi yang diikat. Tapi metode ini membuat proses pengadukan menjadi lama, dan akhirnya mulai banyak yang beralih menggunakan mesin pengocok telur atau garpu namun hasilnya tidak senikmat menggunakan lidi.

Kini, sudah mulai banyak kedai atau rumah makan yang menyiasati dengan memadukan lidi dan mesin secara bersamaan, sehingga selain menghasilkan rasa yang nikmat juga waktu pengocokan yang singkat.

3. Susu dan bubuk cokelat

Salah satu resep tambahan agar teh telur nikmat adalah menggunakan sedikit susu cokelat saat akan diseduh dengan air panas mendidih.

Selain itu, ada juga yang menambahkan taburan bubuk cokelat saat teh telur selesai di seduh.

Baca juga: Ini 5 Rumah Makan “Lama” di Padang yang Tak Pernah Sepi Peminat hingga Sekarang

4. Porsi sepertiga atau setengah

Satu lagi trik agar teh telur itu nikmat adalah takaran porsinya. Saat menyeduh teh telur usahakan tidak sampai gelas penuh. Jika menggunakan gelas kaca yang panjang, cukup sepertiga atau setengah porsi.

Takaran ini membuat rasa teh telur semakin kuat dan tidak encer. Sehingga terasa nikmat saat diseruput.

Selamat mencoba!  (*/pkt)

Terpopuler