Ini 5 Rumah Makan “Lama” di Padang yang Tak Pernah Sepi Peminat hingga Sekarang

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Selain alam yang indah, daya tarik Kota Padang adalah kuliner. Siapa yang tidak kenal dengan nasi padang, rendang, kikil dan banyak lagi.

Makanan-makanan khas tersebut dengan mudah bisa ditemui di banyak rumah makan atau restoran yang menyebar hingga ke sudut-sudut kota.

Nah, kalau bicara rumah atau restoran di Kota Padang tidak hanya berbentuk bangunan yang megah. Kuliner nasi padang juga banyak dijual melalui gerobak kaki lima beratapkan terpal. Ada yang hanya di tempat sederhana dan mempertahankan bangunan lama.

Di tengah ketatnya persaingan usaha kuliner, sejumlah rumah makan yang telah ada sejak lama tetap mampu bertahan. Cita rasa khas masakan menjadi keunggulan rumah makan lama ini.

Meskipun kini rumah makan lama tersebut telah dikelola oleh generasi kedua dan ketiga, ciri khas masakan tak pernah hilang.

Berikut sejumlah rumah makan lama yang masih menjadi pilihan penyuka kuliner di Kota Padang:

1. Rumah Makan Terang Bulan

Rumah makan ini berlokasi di Jalan Belakang Olo No. 53, Olo, Padang Bara., Awalnya rumah makan ini berupa sebuah “bofet” di Los Lambung Pasar Raya. Sejalan dengan peningkatan usaha, pada tahun 1989, Rumah Makan Terang Bulan punya tempat permanen. Masa jaya rumah makan ini bermula pada tahun 90-an, saat itu Terminal Lintas Andalas masih ada.

Menu favorit di Rumah Makan Terang Bulan sampai saat ini adalah gulai otak dan cancang.

2. Rumah Makan Simpang Raya

Hampir sama dengan Rumah Makan Sederhana, Restoran Simpang Raya juga tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Rumah makan ini mulai berdiri tahun 1970. Saat ini Rumah Makan Simpang Raya telah memiliki banyak cabang. Di Padang, restoran atau rumah makan ini berlokasi di Jalan Bundo Kanduang, Kampuang Jao, persisi di sebelah Masjid Taqwa Muhammadiyah.

3. Rumah Makan Pak Gole

Rumah makan yang berlokasi di di Jalan Pasa Mudik No. 27, Pasa Gadang, Padang Selatan ini sudah berdiri sejak 1953.

Berada di kawasan Pondok yang merupakan pusat lingkungan warga Tionghoa dan warga India, sehingga rumah makan ini selalu ramai pengunjung dari berbagai etnis.

Rumah makan ini hanya menempati bangunan yang sederhana, namun tak mengurangi peminat masakan rumah makan ini. Salah satu menu favorit di rumah makan ini adalah dendeng lado hija, ikan bakar, rendang dan petai rebus. Bagi yang suka pedas, masakan rumah makan ini sangat layak untuk dicoba.

4. Restoran Selamat

Bagi penikmat rendang, pasti sudah tidak asing dengan Rumah Makan Selamat yang berlokasi di Jalan Pasar Raya No 7.

Restoran yang berdiri sejak tahun 1937 ini juga sudah memiliki banyak cabang dan juga melayani penjualan rendang dalam kemasan. Rumah makan ini memang selalu menjadi pilihan utama ketika ada yang baru menginjakkan kaki di Kota Padang.

5. Rumah Makan Pagi Sore

Rumah makan yang berada di kawasan Simpang Kinol, Kota Padang ini sudah ada sejak tahun 1947. Hingga kini, rumah makan ini kerap jadi pilihan para wisatawan atau perantau yang pulang sembari bernostalgia.

Baca juga: Nasi Baka Jadi Kuliner Baru Khas Kota Pariaman, Cuma Rp10 Ribu

Menu andalan Rumah Makan Pagi Sore adalah ayam goreng dengan rasa yang khas. Rasanya gurih, manis dan bumbunya meresap sampai ke tulang.

(*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist