Terjawab!! Begini Tampilan Bus Mewah Terbaru ALS: Legacy SR3 HD Prime yang Layani Trayek Medan – Bandung

Penulis: Isran Bastian

Semarang, Padangkita.com – Perusahaan Otobus (PO) legendaris Antar Lintas Sumatra (ALS) akhirnya merilis dua unit armada terbaru, yang sebelumnya dibuat di Karoseri Laksana, Semarang, Jawa tengah.

“Bus ini baru jalan dan sudah test drive ya. Dan ini sedang pengecekan kondisi mesin, langsung dari pihak Mercedes Benz,” beber host akun YouTube, Miracle Transportation Vlog dalam unggahan video terbarunya dua hari yang lalu, dilihat Padangkita.com, Minggu (20/11/2022).

Penampakan 2 unit armada baru PO ALS. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Didit Zaenanto]
Unit bus terbaru ALS bernomor 251 tersebut memakai sasis dari Mercedes Benz tipe OH 1526 MG, dibalut dengan balutan body Legacy SR3 HD Prime buatan Karoseri Laksana.

Dalam video review berdurasi 13 menit lebih ini juga terungkap kalau ternyata unit baru ini dipakai untuk kelas eksekutif, yang bakal melayani trayek atau jurusan Medan – Bandung.

Pada bagian wajah atau depan, bus ini sudah dilengkapi dengan lampu LED desain khas seri Legacy SR3 Laksana yang tampilannya sangat dinamis. Sementara untuk model spionnya juga tak kalah gagah. Sedangkan velg bus tersebut sudah menggunakan model velg premium dan sudah alumunium.

Pada bagian interior, bus ALS 251 ini mendapatkan sejumlah penyegaran pada bagian head unit driver. Masuk ke kabin penumpang, bus kelas eksekutif ini menyajikan susunan kursi konfigurasi 2-2 dan juga sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet.

Area kabin penumpang unit armada baru PO ALS. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Didit Zaenanto]
Terdapat total 40 seat untuk kelas patas. Sama dengan ALS nomor 99, bagian bagasi di di atas kursi penumpang bus ini juga sudah didesain lebih elegan, menggunakan akses kayu untuk memberikan kesan mewah. Sementara pada bagian jok, tiap kursinya memakai jok standar dari Laksana.

“Keren ya ALS ini,” puji dia.

Diberitakan sebelumnya, informasi 2 unit bus baru ALS ini dibocorkan langsung salah satu pegawai Karoseri Laksana, yang merupakan perusahan tempat body bus baru tersebut dibuat.

“Baru naik satu teman-teman untuk unit ALS ini. Yang satunya masih di bawah, baru pengecekan ulang. Dan ini yang sudah jadi,” beber YouTuber bus, Didit Zaenanto.

Dalam ulasan kali ini, Didit yang juga merupakan pegawai Karoseri Laksana, berada langsung di Gudang Kantor Karoseri Laksana, Semarang, Jawa Tengah. Dia merekam video penampakan unit bus terbaru ALS.

Bus baru tersebut terlihat berwarna dasar hijau yang merupakan corak atau livery khas dari PO ALS. Unit baru ini bergambar kupu-kupu pada bagian kaca belakang.

Dia menjelaskan, meskipun sama-sama memakai sasis dari Mercedes Benz tipe OH 1526 MG, namun kedua unit tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda.

Body nya sama SR3, cuma interiornya yang berbeda teman-teman. Yang ini pakai toilet, yang satunya non toilet,” ungkap Didit.

Penampakan 2 unit armada baru PO ALS dari kejauhan. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Didit Zaenanto]
Untuk satu unit bus yang diulas, Didit menjelaskan kalau unit tersebut masih memakai bando atau kaca ganda model SR2.

Sesuai dengan tulisan yang tertera pada bodynya, bus ini bakal dipakai untuk melayani angkutan penumpang Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), seperti kebanyak bus ALS lainnya yang memang terkenal dengan bus dengan trayek terjauh di Indonesia.

Baca Juga: ALS Segera Rilis 2 Armada Bus Terbaru: Pakai Sasis Mercedes Benz dan Body SR3 HD Primen

Pada kesempatan ini Didit juga membocorkan, selain dua unit armada baru tersebut, dalam waktu dekat ALS bakal memberi kejutan bersama Karoseri Laksana. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist