Nomor 1 Peraih 6 Kali Rekor MURI!! Inilah 8 PO Bus Terbesar di Indonesia

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Perusahaan Otobus (PO) atau bus di Indonesia cukup beragam. Ada yang terkenal dengan pelayanan terbaiknya, armada mewah yang selalu dihadirkan, dan ada pula yang terkenal dengan jumlah armada bus terbanyak.

Dari ratusan PO di Indonesia, tahukah anda ada beberapa PO dengan nama yang cukup besar di Indonesia. Deretan PO ini punya banyak keunggulan, mulai dari jumlah Armada bus terbanyak, peremajaan armada yang selalu dilakukan setiap tahunnya, maka tidak heran beberapa PO yang akan kita bahas kali ini sebagai PO raksasa di Indonesia.

Dari pada kamu penasaran, inilah daftar 8 Perusahaan Otobus besar di Indonesia.

Oh iya, kali ini kita tidak sedang membahas perusahaan group, yang menaungi beberapa PO. Jadi, nama-nama seperti Mayasari Grup, Hiba Group, Akas Group dan lain sebagainya, tidak akan masuk dalam list pembahasan kali ini.

8. PO Haryanto

Salah satu bus armada mewah PO Haryanto. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Kita awali pembahasan dengan salah satu PO yang memiliki nama besar asal Jawa Tengah, yakni PO Haryanto. Haryanto merupakan PO yang melayani jasa transportasi darat dengan armada busnya yang berasal dari kota kretek, yaitu Kudus Jawa tengah.

Perjalanan PO Haryanto dimulai sejak tahun 2002. Haji Haryanto adalah sosok pria hebat di balik perjalanan PO yang satu ini, termasuk naik turunnya usaha bisnis transportasi yang dirintis, hingga menjadi bus yang cukup populer di Indonesia sekarang ini.

Tercatat, PO Haryanto saat ini memiliki 2.000 karyawan. PO dengan logo menara Kudus ini sudah dikenal dengan keandalan dalam pelayanannya, seperti peremajaan armada, para sopir dan kru yang ramah. Selain itu sang pendiri Haji Haryanto juga dikenal dermawan, rajin menyantuni ribuan anak yatim, memberangkatkan umroh karyawannya, bahkan membangun masjid.

Kini manajemen PO Haryanto dipegang dan dikelola oleh Ryan Mahendra yang merupakan anak dari Haji Hariyanto.

7. PO Primajasa

PO Bus Primajasa. [Foto: Ist]
Selanjutnya ada nama PO Primajasa, yang mudah anda jumpai lalu lalang khususnya bagi yang tinggal di Provinsi DKI Jakarta, Banten dan juga Jawa Barat. Perjalanan PO Primajasa dimulai sejak tahun 1991, yang awalnya sebagai bus pariwisata dengan jumlah armadanya sebanyak 25 unit saja pada saat itu. begitu bisnisnya berkembang bus Primajasa memperluas layanannya dengan membuka layanan antar kota antar provinsi, tepatnya pada tahun 2001.

Amir Mahfud merupakan orang yang bertanggung jawab dalam kisah perjalanan PO Primajasa. PO yang berada di bawah naungan perusahaan Mayasari Group ini memiliki kurang lebih 1.000 unit armada bus.
Maka tidak heran bagi Anda yang sering melakukan perjalanan seputar daerah provinsi DKI Jakarta maupun daerah Jawa Barat, hampir tiap saat anda akan berpapasan dengan bus yang satu ini guys.

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist