Menikmati Uniknya Makan Bajamba Ala Baralek Minang Langsung di Rumah Gadang

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Makan di restoran dan warung makan ataupun kedai nasi, mungkin sudah biasa dilakukan banyak orang. Tapi kalau kita makan di dalam Rumah Gadang atau rumah adatnya orang Minang, itu baru jadi pengalaman luar biasa.

Nah, bagi kamu, terutama wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dan
ingin mencoba sensasi makan di Rumah Gadang, silahkan datang ke lokasi yang satu ini, tepatnya di Jiwa Malapeh Homestay dan Resto, yang tak jauh dari Kota Bukittinggi.

“Bagi yang berada di sekitaran Kota Bukittinggi dan ingin menikmati suasana pedesaan, nah ini boleh ini tempatnya,” beber food vlogger kenamaan, Herlina Basri dalam unggahan video terbarunya, dilihat Padangkita.com, Minggu (20/11/2022).

Penampakan suasana pedesaan khas Minangkabau di Jiwa Malapeh Homestay dan Resto. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Jiwa Malapeh Homestay dan Resto merupakan tempat kuliner yang menawarkan hidangan tradisional khas Minang dan juga menu kekinian. Selain makan enak masakan minang atau nasi padang sepuasnya di Rumah Gadang, di sini kamu juga bisa menginap di kamar homestay yang tersedia.

Lokasi Jiwa Malapeh Homestay beralamat di Penampung, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), atau untuk titik akuratnya di google maps kamu cukup mengetikkan kata ‘Jiwa Malapeh Homestay’.

Pada kesempatan ini, sebelum memulai aksi menyantap kuliner, Herlina dan sang suami menyempatkan berkeliling ke tiap sudut ruang di Rumah Gadang tersebut. Selain takjub dengan suasana tradisional yang sangat kental dari ornamen bangunan tersebut, di sini juga disediakan baju tradisional untuk dipakai para pengunjung berswafoto.

Salah satu pengunjung memakai baju adat marapulai berfoto langsung di atas pelaminan khas Minang. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Baju adat tersebut tersedia untuk segala ukuran, baik jenis baju anak daro (pengantin perempuan Minang) dan juga marapulai (marapulai). Dan yang cukup unik, ternyata pada lokasi makan bajamba juga dilengkapi dengan pelaminan khas Minang. Jadi makan bajamba di sini seperti halnya jika kamu pergi ke satu pesta pernikahan atau baralek di wilayah Sumbar.

Untuk makan bajamba, menu yang disajikan juga sangat spesial yakni kebanyakan menu masakan kampung yang bisa kamu jumpai di pesta-pesta baralek di Minangkabau, mulai dari sambalado tanak, ikan gulai, ayam goreng lado merah dan lainnya.

Hidangan makan bajamba khas Minang di Rumah Gadang. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Dalam video kali ini, Herlina merogoh kocek untuk harga makan bajamba per paket senilai Rp120 ribu. Sementara untuk harga minuman mulai dari Rp10 ribu hingga Rp25 ribu, harga penginapan mulai dari Rp300 ribu per malam. Sedangkan harga booking Rumah Gadang untuk menginap Rp1,5 juta untuk kapasitas 15 orang.

Makan bajamba khas Minang di Rumah Gadang. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Herlina Basri]
Baca Juga: Nasi Padang Prasmanan di DKI Jakarta Ini Enak Selangit dan Murah Kebangetan!!

Bagaimana, apakah kamu ingin mencobanya? Silahkan datang langsung ke lokasi bersama keluarga ataupun rekan-rekan kantor anda, sembari berwisata di lokasi tersebut. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist