Tak Miliki Pemakaman Umum, DPRD Dharamsraya Inisiasi Ranpenda tentang Penataan Tempat Pemakaman dan Penyelenggaraannya

Penulis: Redaksi

Pulau Punjung, Padangkita.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dharmasraya menginisiasi adanya Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penataan Tempat Pemakaman dan Penyelenggaraan Pemakaman.

Anggota DPRD Dharmasraya, Ferryko mengatakan, Ranperda ini disusun dalam rangka memberikan kepastian hukum untuk ketersediaan tempat pemakaman sebagai salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Kemudian, kata Feeyko, Ranperda itu juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Dharmasraya, yang dituangkan dalam suatu regulasi, nantinya akan dijadikan payung hukum, khususnya hal hal yang berkaitan dengan materi Ranperda tersebut.

Terkait dengan pemakaman, sebut Ferryko, berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1987 tentang Penyediaan dan Penggunaan Tanah untuk Pemakaman, Pemerintah Daerah mempunyai kewenangan terkait pemeliharaan taman makam pahlawan, penunjukan dan penetapan serta pengelolaan tempat pemakaman umum.

“Tempat pemakaman umum adalah area tempat pemakaman milik/dikuasi Pemerintah Daerah yang disediakan untuk umum, yang berada di bawah pengawasan, pengurusan dan pengelolaan pemerintah daerah. Kondisi saat ini, di Kabupaten Dharmasraya tempat pemakaman secara umum pengelolaannya belum ada yang dikelola pemerintah daerah, masih per kaum,” ujarnya.

Lalu, untuk pemakaman di nagari, ucap Ferryko, dalam praktek selama ini, pemakaman bagi masyarakat di Kabupaten Dharmasraya dilakukan di pandam keluarga atau kaum, dan bahkan ada yang dimakamkan disamping rumah.

“Ini perlu menjadi perhatian pemerintah daerah untuk melakukan penataan,” paparnya.

Ranperda itu, jelas Ferryko, juga menitik beratkan kepada penyelenggaraan pemakaman untuk pejabat daerah maupun mantan pejabat daerah yang telah berjasa bagi Kabupaten Dharmasraya.

Apalagi, saat ini dalam pemakaman mantan pejabat yang telah meninggal dunia belum diselenggarakan secara seremonial sebagai bentuk penghormatan terakhir bagi tokoh yang berjasa kepada daerah.

“Berdasarkan hal tersebut, DPRD Kabupaten Dharmasraya mempunyai inisiatif untuk membentuk Ranperda yang mengatur terkait Penataan Tempat Pemakaman dan Penyelenggaraan Pemakaman yang akan dijadikan dasar hukum bagi pemerintah daerah untuk melaksanakan kewenangannya terkait pengelolaan tempat pemakaman umum dan penyelenggaraan pemakaman bagi tokoh yang berjasa kepada daerah,” katanya.

Baca juga: Pemkab Dharmasraya Dorong Kemitraan Usaha Skala Besar dengan UMKM

Hal itu juga sudah dibahas dalam Rapat Paripurna DPRD Dharmasraya yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Adlisman, Senin (11/10/2021). [adv]

Terpopuler