Stok Vaksin Meningitis Kosong di Sumbar, Kadinkes Ungkap Penyebabnya

Padang, Padangkita.com – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumatra Barat (Sumbar), Lila Yanwar menyatakan, stok vaksin meningitis untuk calon jemaah umrah di Sumatra Barat (Sumbar) kosong.

“Kondisi ini sudah terjadi sejak 30 September. Memang dari pusatnya kosong,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Rabu (5/9/2022).

Dia menuturkan, Dinkes Sumbar melaksanakan vaksinasi meningitis untuk calon jemaah haji. Stok vaksin tersebut sudah dialokasikan pada penyelenggaraan haji tahun ini.

Sedangkan vaksinasi meningitis untuk calon jemaah umrah dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Padang. Selain itu, ada beberapa rumah sakit di Sumbar yang diperbolehkan untuk melaksanakan vaksinasi.

Kosongnya stok vaksin meningitis di Sumbar saat ini karena tingginya kebutuhan.

Diketahui, selama dua tahun pandemi Covid-19, pemerintah Arab Saudi tidak mengizinkan jemaah asal Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah.

“Setelah dibuka kembali tahun ini, kebutuhan di daerah lain mungkin banyak. Sedangkan Bio Farma belum selesai produksi. Di pusat pun, stok kosong,” jelas Lila.

“Karena dibuka penerbangan itu kan cukup mendadak. Begitu kasus Covid-19 turun, dibuka, orang ramai-ramai naik haji dan umrah. Sebelumnya kosong kegiatan ke luar negeri,” imbuhnya.

Sebagai tindak lanjut, Dinkes Sumbar telah menyurati pemerintah pusat agar segera mengirimkan dosis vaksin meningitis.

Baca juga: Belasan Kambing di Solok Mati dalam Kondisi Tercabik, Polisi: Diduga Dimangsa Harimau

“Tapi jawabannya sedang prosesor produksi. Kami masih menunggu juga kapan informasi pastinya,” terangnya. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist