Sampah Menumpuk di Pantai Padang, DLH: Itu Sampah Puluhan Tahun yang Lalu

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Zulfikar

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Kepala DLH Padang, Mairizon mengklaim tumpukan sampah yang ada di Pantai Padang bukanlah sampah baru. Namun, sampah yang menumpuk itu merupakan sampah puluhan tahun yang lalu.

Padang, Padangkita.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon menyebutkan bahwa tumpukan sampah yang ada di Pantai Padang merupakan sampah puluhan tahun yang lalu, mengendap di palung laut, kemudian kembali terbawa arus ke tepi pantai.

Menurut Mairizon, sampah yang bertumpukan itu bukanlah sampah baru yang terbawa arus sungai ke laut. “Sampah itu bukan sampah kemarin sore, bukan sampah bulan kemarin, bukan sampah tiga bulan kemarin, bisa puluhan tahun sampah yang lalu,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Selasa (6/10/2020).

Dia menjelaskan, pada umumnya, sampah yang ada di Pantai Padang merupakan sampah dari hulu, kemudian mengendap di palung laut dan saat gelombang tinggi, sampah itu kembali dibawah arus ke tepi.

“Sampah yang mengendap dimuntahkan lagi ke pantai oleh gelombang tinggi. Sehingga sampah tersebut menggunung di Pantai Padang. Kita tahu itu, karena melihat dari strukturnya, sampah sudah hancur. Jadi, itu bukan sampah kemarin-kemarin ini,” tegasnya.

Selain itu, menurut Mairizon, menumpuknya sampah di Pantai Padang saat ini karena alat berat untuk membersihkan sampah dipakai untuk membersihkan material longsor di Bungus.

“Setelah itu selesai, akan kita kerjakan lagi. Sampah-sampah di Pantai Padang itu akan diangkut oleh petugas kebersihan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Air Dingin menggunakan truk,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, berbagai jenis sampah menumpuk di Muara Padang dan Pantai Muara Lasak, Kota Padang, Selasa (6/10/2020).

Pantauan Padangkita.com, tumpukan sampah di objek wisata ini terdiri potongan kayu, ranting kayu dan daun, potongan bambu, plastik, botol, pamper bekas hingga bangkai hewan.

Di Muara Padang, sampah terlihat menumpuk dan berceceran mulai dari pintu Muara hingga Masjid Al Hakim yang merupakan ikon baru Kota Padang.

Sementara, di Pantai Muara Lasak sampah terlihat menumpuk dari pintu Muara hingga monumen Tugu Merpati.

Tumpukan sampah itu tentu sangat mengganggu keindahan sehingga mengusik kenyamanan wisatawan di dua tempat ini.

Baca juga: Seharian Diguyur Hujan, Puluhan Ton Sampah Menumpuk di Pantai Padang

Pasukan kebersihan Kota Padang pun tampak bahu membahu menyingkirkan sampah dari bibir pantai lalu mengangkutnya dengan truk sampah ke tempat pembuangan akhir. [zfk]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler