Seharian Diguyur Hujan, Puluhan Ton Sampah Menumpuk di Pantai Padang

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Kota Padang dan Berita Sumbar terbaru: Berbagai jenis sampah menumpuk di Muara Padang dan Pantai Muara Lasak, Kota Padang

Padang, Padangkita.com – Berbagai jenis sampah menumpuk di Muara Padang dan Pantai Muara Lasak, Kota Padang, Selasa (6/10/2020). Sampah ini berasal dari hulu sungai terbawa arus yang membesar akibat hujan deras yang mengguyur sejak Senin (5/10/2020) malam.

Pantauan Padangkita.com, tumpukan sampah di objek wisata ini terdiri potongan kayu, ranting kayu dan daun, potongan bambu, plastik, botol, pamper bekas hingga bangkai hewan.

Di Muara Padang, sampah terlihat menumpuk dan berceceran mulai dari pintu Muara hingga Masjid Al Hakim yang merupakan ikon baru Kota Padang.

Sementara, di Pantai Muara Lasak sampah terlihat menumpuk dari pintu Muara hingga monumen Tugu Merpati.

Tumpukan sampah itu tentu sangat mengganggu keindahan sehingga mengusik kenyamanan wisatawan di dua tempat ini.

Pasukan kebersihan Kota Padang pun tampak bahu membahu menyingkirkan sampah dari bibir pantai lalu mengangkutnya dengan truk sampah ke tempat pembuangan akhir.

“Seperti ini lah setiap hari. Hujan kan sudah sebulan ini, sudah puluhan ton pula sampah yang kita bersihkan di sini. Karena bagaimana pun sampah yang dibawa arus perginya ke sini,” ujar It, salah seorang petugas kebersihan yang ditemui Padangkita.com di Muara Padang, Selasa (6/10/2020) pagi.

Baca Juga: Tumpukan Sampah Penuhi Pantai Padang Setelah Seharian Hujan Deras

Sehabis hujan melanda Kota Padang, setidaknya ia bersama rekannya yang lain membersihkan sampah hingga 12 ton sampah.

“Kalau kita membersihkannya sampai empat truk kalau hari hujan. Satu truk beratnya 4 ton, jadi sekitar 12 ton sampah,” ucapnya.

Sementara itu, seorang warga di Pantai Muaro Lasak sangat menyayangkan tumpukan sampah yang terjadi. Ia menyebutkan, tumpukan sampah sudah menjadi pemandangan setiap pagi baginya.

“Mau gimana lagi, kita bersihkan, dia (sampah) datang lagi. Paginya menumpuk di sini (pantai), siangnya hilang dibawa ombak, pagi besoknya balik lagi,” kata warga yang enggan menyebutkan namanya.

Dia berharap, Pemerintah Kota Padang lebih serius menangani permasalahan sampah ini. “Minta kami ya dibersihkan, kalau tidak bisa diangkut semua, ditimbun disini. Susah juga ini kalau dibersihkan tanpa alat berat,” tambahnya. [pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler