Sampah Menggunung Pascahujan, Puluhan Petugas Bersih-bersih Pantai Padang

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Hujan deras yang melanda kota Padang pada Senin (23/1/2023) dan Selasa (24/1/2023) kembali menyebabkan kawasan Pantai Padang diselimuti tumpukan sampah.

Terkait kondisi tersebut, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata segera menggerakkan petugas untuk membersihkan sampah di kawasan Pantai Padang.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Padang Rina Melati mengungkapkan puluhan petugas dikerahkan untuk membatu membersihkan sampah di sejumlah titik di Pantai Padang dan Muaro Lasak.

“Hari ini kurang lebih 15 petugas turun memberikan sampah di Muaro Lasak, 15 lagi di Pantai Padang dan 17 orang di Pantai Cimpago serta Purus. Untuk hari ini secara manual namun menggunak tiga unit bentor,” terangnya pada Padangkita.com, Selasa (24/1/2023).

Ia menambahkan, setidaknya selama 10 hari kedepan Dinas Pariwisata bersama Dinas Lingkungan Hidup dan PU akan fokus dalam pembersihan kawasan Pantai Padang, namun bisa jadi diperpanjang tergantung kondisi nantinya.

“Sebenarnya setiap hari kita ada petugas yang membersihkan Pantai Padang setiap pagi dan sore, namun untuk 10 hari kedepan akan dibantu DLH dan PU yang menurunkan armada dan alat berat,” sambungnya.

Lebih lanjut ia mengatakan permasalahan sampah ini selalu terjadi setelah kota Padang diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama.

“Sampah-sampah ini diduga selain dari hulu sungai juga karena terbawa oleh gelombang laut sehingga semakin menumpuk di bibir Pantai.” terangnya.

Ia menambahkan, pemko Padang terus berupaya untuk mewujudkan destinasi wisata Pantai Padang bersih dari sampah.

“Pantai Padang merupakan salah satu destinasi andalan di Kota Padang. Namun setiap musim hujan datang, permasalahan sampah selalu muncul,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan itu Pantai Padang bebas sampah, sambungnya, dibutuhkan komitmen dari semua pihak.

Baca JugaLewat Nabung Sarok, Semen Padang Dukung Aksi Nelayan Pantai Purus Bersihkan Laut dari Sampah 

“Kita berharap masyarakat bisa menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah di perairan terbuka.” pungkasnya. [hdp]

 

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist