Rebranding Kota, Kado dari Komunitas Anak Muda untuk HUT Kota Payakumbuh ke-51

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Payakumbuh, Padangkita.com – Anak-anak muda pegiat seni di Kota Payakumbuh memberikan kado spesial untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh ke-51. Kado teesebut diserahkan langsung kepada Wako Riza Falepi dan Anggota DPRD di Gerobak Kopi Simpang Benteng kota Payakumbuh.

Dikutip dari situs resmi milik Pemko Payakumbuh, kado yang diberikan anak-anak muda pegiat seni itu merupakan semcam box sheet yang berisi karya-karya kreativitas anak muda kota Payakumbuh.

Karya-karya itu berupa musik, video klip, dan kumpulan tulisan-tulisan berupa artikel ringan tentang Kota Payakumbuh.

Roni Keron, salah seorang anak muda yang tergabung dalam pegiat seni Kota Payakumbuh mengatakan, bahwa kado kali ini merupakan sebuah project kolaborasi lintas komunitas yang telah dikerjakan sejak setahun yang lalu.

“Re-Branding Kota, begitu tema yang diangkat. Semacam ingin membranding ulang kota Payakumbuh dalam kacamata anak muda. Sebenarnya, hasil dari project ini akan diberikan langsung tahun lalu, namun karena pandemi yang tak kunjung melandai, maka baru bisa dihadiahi pada tahun ini,” ujar Keron.

Keron juga bercerita proses-proses kreatif yang mereka lalukan.

Musik misalnya, diawali dengan workshop membuat lagu. “Ketika para musisi telah berkumpul, masing-masing membayangkan satu kalimat yang pas untuk kota Payakumbuh. Dari kalimat-kalimat yang muncul jadilah lirik lagu,” ungkapnya.

Lalu, lanjut Keron, lirik itulah yang kemudian diproduksi menjadi lagu. Setelah lagu jadi, para pegiat videografi membayangkan pula bagaimana konsep visual.

“Tak tertinggal pula para pegiat fashion. Mereka mulai membayangkan pula kostum yang akan dipakai untuk pengambilan video. Yang menarik, bagaimana banyak komunitas anak muda dengan senang hati mau menjadi talen untuk konten visualnya,” papar Keron.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengaku semakin yakin dengan potensi anak-anak muda, khususnya di Kota Payakumbuh.

“Sebetulnya, saya begitu tertarik dengan wacana-wacana anak muda ini. Tidak hanya dalam hal dunia seni. Agaknya hari ini, banyak bermunculan para pengusaha muda di Kota Payakumbuh. Mereka sebetulnya yang telah ikut membangun kota ini. Karena itu, pada periode kedua ini, saya ingin benar menyelami dunia mereka,” ujar Riza.

Riza juga mengajak segenap anak muda yang memadati Gerobak Kopi saat itu untuk ikut memberikan masukan beserta saran. Dengan masukan-masukan itu, tentu ia bisa dengan cepat menyelami dunia anak muda.

Bahkan, Riza juga dengan hati terbuka menunggu kedatangan para anak muda untuk bertmu ke rumahnya.

Baca juga: Bekas Kantor Balai Kota Payakumbuh Akan Dijadikan Tempat Karantina Pasien Positif Covid-19

“Dengan begitu, tentu bisa bercerita panjang lebar, terkait gagasan-gagasan organik, juga ide-ide bernas untuk membangun kota ini kedepan,” kata Riza. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist