Rahmat Saleh Disebut Jadi Skenario PKS untuk Mengisi Posisi Wawako Padang, Ini Hitung-hitungannya

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Rahmat Saleh Nasution disebut-sebut berpeluang besar mengisi kekosongan kursi Wawako Padang

Padang, Padangkita.com– Posisi Wakil Wali Kota (Wawako) Padang yang saat ini masih ditempati oleh Hendri Septa akan segera kosong dalam waktu dekat menyusul naiknya politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut menjadi Wali Kota Padang.

Informasi yang dihimpun Padangkita.com dari sumber di lingkungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, menyebutkan anggota DPRD Sumbar, Rahmat Saleh Nasution berpeluang besar mengisi kekosongan kursi Wawako Padang.

“Jadi Rahmat ini akan jadi kejutan di tengah sejumlah nama dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang beredar sejauh ini, potensi dia untuk menjadi (Wawako) itu sangat besar, sangat besar dan bisa saja terjadi,” ucap sumber yang minta namanya tidak dipublikasi kepada Padangkita.com, Senin (1/3/2021).

Bukan tanpa alasan Rahmat Saleh akan mengisi kekosongan pos Wawako Padang. Pasalnya, dia yang saat ini merupakan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sumatra Barat (Sumbar) adalah anggota DPRD Sumbar dari daerah pemilihan (dapil) 1 Kota Padang dengan perolehan suara sebesar 13.010 pada pemilihan legislatif (pileg) 2019 lalu.

“Nah, di bawahnya ini ada nama Harneli Bahar dengan perolehan suara sebesar 12.870.Kita tentu tahu Harneli ini merupakan istri dari Gubernur Sumbar. Jika Rahmat Saleh ditunjuk menjadi Wawako Padang, otomatis Harneli yang akan menggantikannya di DPRD Sumbar, ini sudah ada hitung-hitunganya kok, bukan semata soal mahar semata,” ucapnya.

Alasan lain menguatnya nama Rahmat Saleh akan menjadi Wawako Padang setelah majunya Mahyeldi sebagai Calon Gubernur (Cagub) Sumbar berpasangan dengan Audy Joinaldy pada pemilihan gubernur (pilgub) 2020 lalu yang akhirnya menang dalam pesta demokrasi tersebut.

“Kemudian kan ada pergantian Ketua DPW PKS dari Irsyad Syafar ke Mahyeldi, kemudian Ketua Dewan Pimpinan Tingkat Daerah (DPTD) Padang dari Ghufron ke Muharlion. Pergantian itu bukan semata perubahan struktur semata, ini sudah pasti diperhitungkan dengan sangat matang dan terorganisir,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Sumbar, Rahmat Saleh Nasution tidak menampik ada namanya dan sejumlah nama yang telah diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS untuk mengisi kursi Wakil Wali Kota Padang.

Enam nama yang disodorkan tersebut, selain Rahmat Saleh, yaitu Irsyad Syafar, Muharlion, Muhidi, Mulyadi Muslim dan Irfan Aulia.

“Secara pribadi saya sampaikan bahwa, sekarang saya mengemban amanah sebagai Sekretaris Umum (Sekum) DPW PKS Sumatera Barat. Kita tahu bahwa Ketua DPW PKS Sumbar adalah Mahyeldi, yang juga Gubernur Sumbar,” kata Rahmat kepada Padangkita.com via pesan WhatsApp.

Menurut Rahmat, hampir sebagian besar waktu Mahyeldi akan dipergunakan untuk mengelola Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar.

“Nah, kalau saya tentu harus fokus membantu beliau mengurus partai. Kalau untuk Wawako Padang masih banyak kader PKS yang lebih baik dari saya untuk mengisi posisi itu,” katanya.

Dirinya mengeklaim akan fokus menjalankan amanah sebagai Sekum DPW PKS dan anggota DPRD Sumbar. Hal itu, katanya sudah disampaikan kepada salah seorang pengurus DPP PKS yang menghubunginya, namun dia tidak menyebut nama.

“Tapi tentu selaku kader partai, kami siap melaksanakan tugas apapun yang diberikan. Harus siap,” tuturnya.

Baca juga: Pindah dari Rumah Dinas Wali Kota Padang ke Istana Gubernur, Mahyeldi dan Istri Diarak dengan Kereta Kencana

Meski demikian, selain persaingan di PKS sendiri, pengisian kursi Wawako Padang juga menghadapi tantangan lain. PAN saat ini juga tengah membahas sejumlah nama yang bakal mengisi posisi tersebut. Menurut undang-undang, yang berhak mengusulkan calon Wawako adalah PKS dan PAN sebagai pengusung pasangan Mahyeldi-Hendri Septa ketika mau pada Pilkada Padang dulu. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

 

Terpopuler

Add New Playlist