Program Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Dibuka, Kuota 600 Ribu Peserta

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Pemerintah secara resmi kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 12 pada Selasa (23/2/2021). Kuota peserta pada gelombang ini adalah sebanyak 600.000 orang.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat membuka pendaftaran secara resmi melalui kanal Youtube Perekonomian RI.

“Gelombang 12 akan dibuka dengan kuota 600 peserta, dan target 2,7 juta penerima dapat didanai dengan anggaran Rp 10 triliun,” kata Airlangga, Selasa (23/2/2021).

Airlangga menjelaskan skema Program Kartu Prakerja pada Semester I tahun 2021 ini akan tetap menggunakan metode semi bansos.

Rincian bantuan yang diberikan tersebut adalah bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000, dana insentif pasca-pelatihan sebesar Rp2.400.000 yang akan diberikan sebesar Rp600.000 selama 4 bulan.

Baca juga: Pendaftaran Akun Kartu Prakerja 2021 Dibuka, Begini Caranya

Kemudian, ada dana insentif pengisian 3 survei evaluasi sebesar Rp150.000 yang dibayarkan sebesar Rp50.000 setiap survei.

Pendaftaran Program Kartu Prakerja terbuka bagi semua WNI berusia 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), karyawan maupun pelaku wirausaha, asalkan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

“Kami juga mengajak para pekerja yang dirumahkan ataupun kehilangan pekerjaan, dan para pelaku usaha mikro maupun kecil yang terdampak ataupun tutup usaha karena pandemi covid-19 untuk mendapatkan pendaftaran dalam program kartu prakerja,” ujarnya.

Namun, penerima prakerja tidak dapat diberikan kepada pejabat negara TNI/Polri/ASN/anggota DPR/DPR/BUMN/BUMD/Kepala Desa/ perangkat desa dan pejabat BUMN maupun BUMD.

Pemerintah juga membatasi penerima dalam satu KK hanya dibolehkan maksimal 2 orang saja.

Selain itu, Untuk mendorong pemerataan penerima bantuan, maka penerima bansos Kementerian Sosial (Data Terpadu Kesejahteran Sosial, Bantuan Subsidi Upah, maupun Banpres Produktif Usaha Mikro), penerima Kartu Prakerja tahun 2020 juga tidak dapat menerima manfaat program ini. [try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist