Pendaftaran Akun Kartu Prakerja 2021 Dibuka, Begini Caranya

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Masyarakat yang ingin mendaftar Program Kartu Prakerja gelombang 12 tahun 2021 sudah bisa membuka akun dan melakukan pendaftaran. Pembuatan akun sudah dibuka Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja sejak Minggu (21/2/2021) kemarin.

Hal ini disampaikan Head of Communicatioan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, melalui keterangan tertulisnya.

Louisa menyebut, bagi mereka yang sudah membuat akun di tahun 2020 tidak perlu membuat akun baru lagi untuk mendaftar Kartu Prakerja gelombang 12.

Namun, kata dia, mereka dapat memperbarui informasi atau data diri jika ada yang berubah dengan cara login menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan.

Dilansir dari laman resmi prakerja.go.id, ada tiga syarat untuk membuka akun Kartu Prakerja, yaitu:

Baca juga: Simak Cara Daftar KIP Kuliah 2021

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal

“Kamu bisa mendaftar Kartu Prakerja jika kamu adalah pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil,” demikian dikutip dari laman tersebut.

Cara membuat akun Kartu Prakerja

Adapun cara membuat akun Kartu Prakerja tersebut adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke situs www.prakerja.go.id lalu klik ‘Buat Akun’

2. Masukkan alamat email, dan kata sandi

3. Cek e-mail dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun e-mail

4. Setelah konfirmasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs Prakerja lalu login dengan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat.

5. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik ‘Berikutnya’

6. Setelah dinyatakan lolos verifikasi NIK, peserta diminta untuk mengisi data diri, mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP. Lengkapi informasi tersebut lalu klik ‘Berikutnya’

7. Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS.

8. Setelah melengkapi data diri, peserta akan diminta mengikuti tes awal berupa tes motivasi dan kemampuan dasar. Ikuti tes selama 15 menit. Jangan lupa siapkan alat tulis dan kertas bila prelu.

9. Tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes

10. Setelah mendapatkan e-mail pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka. [try]


Baca berita Ekonomi terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist