Profil Buya Arrazy, Ustaz Muda Asal Payakumbuh yang Sering Viral di Medsos

Penulis: Irfan Denas

Padang, Padangkita.com – Ustaz Arrazy Hasyim asal Kota Payakumbuh, Sumatra Barat (Sumbar) menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Potongan-potongan video pengajiannya banyak diunggah ulang dan viral di media sosial.

Terbaru, ia membahas polemik soal ucapan Natal dalam podcast di kanal YouTube Deddy Corbuzier. Arrazy Hasyim yang akrab disapa Buya Arrazy memiliki latar belakang sebagai pakar hadis.

Sehari-hari, ia bergiat di lembaga kajian Ribath Nouraniyah yang ia didirikan di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Selain itu, ia juga mengajar di beberapa perguruan tinggi dan lembaga pendidikan Islam.

Ia tercatat menjadi dosen Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pascasarjana Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ) Jakarta, dan Darus-Sunnah International Institute.

Mengutip Republika, Buya Arrazy lahir di Koto Tangah, Kota Payakumbuh pada 21 April 1986. Ia merupakan anak pasangan Nur Akmal bin Muhammad Nur dan Asni binti Sahar.

Arrazy menamatkan SD tahun 1998 dan MTsN tahun 2001 di kampung halamannya. Setelah itu, ia sempat masuk ke MAN 2 Payakumbuh, tetapi pada tahun 2002 ia pindah ke MAN/MAKN 2 Bukittinggi dan tamat pada tahun 2004.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan S-1 di dua tempat berbeda, yakni Ilmu Hadis di Darus-Sunnah International Institute for Hadith Science (lulus tahun 2008) dan Jurusan Akidah dan Filsafat Islam di UIN Syarif Hidayatullah (lulus tahun 2009).

Di Darus-Sunnah, ia menjadi santri KH Ali Mustafa Yaqub, Imam Besar Masjid Istiqlal.

Setelah tamat S-1, Buya Arrazy melanjutkan pendidikan S-2 Pengkajian Islam di UIN Syarif Hidayatullah dan lulus pada 2011. Pada 2012, ia melanjutkan S-3 di jurusan dan universitas yang sama dan lulus tahun 2017.

Baca juga: Ustaz Abdul Somad Bicara Konversi Bank Nagari ke Syariah: Ujian Iman Masyarakat Sumbar

Nama di belakang Buya Arrazy, yakni Hasyim dinisbatkan kepada pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH. Hasyim Asy’ari. Ia mengaku mengagumi Hasyim Asy’ari yang menurutnya merupakan sebagai salah satu pakar hadis ternama Nusantara. [den/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist