Pertama Kali Unand Umumkan Nama Wisudawan Berprestasi Nasional dan Internasional, Ini Daftarnya

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Untuk pertama kali, pada wisuda Universitas Andalas (Unand), diumumkan nama para lulusan yang berprestasi tingkat nasional dan internasional.

Dalam Wisuda II tahun 2022 yang digelar Sabtu (28/5/2022) ini, Unand meluluskan sebanyak 1.121 wisudawan, yang terdiri dari Program Diploma III 59 orang, Sarjana 705 orang, Profesi 243 orang, Magister 76  orang, Spesialis 29 orang dan Doktor sebanyak 9 orang.

Mengutip situs resmi Unand, dalam wisuda ini ada nama Salsabila Syafna Aulia. Mahasiswa Fakultas Kedokteran ini adalah Juara I Internasional AFRICA OCIIP EXPO 2020, Juara 3 (Internasional) Indonesian Young Scientist Association (2020) dan Juara 2 (Nasional) Lomba Video Anatomi dan Fisiologi  Nasional pada Medical Competition and  Fair of Anatomy and Physiology (MINERFA) 2020.

Nama berikutnya adalah Muhammad Zidan Amriza yang juga dari Fakultas Kedokteran. Ia adalah peraih Juara 1 (Internaional) Sean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair Semarang, Indonesia 2022, dan peraih Juara 2 (Internasional) Global Competition for Life Sciences Surabaya, Indonesia 2022.

Selain itu, ada nama Rian Kurnia dari Fakultas Teknik, Juara 1 (Internasional) Hands-free Sanitizer Mechanism Design Challenge 2020 dan juga Juara 3 (Nasional)-Kontes Robot Terbang Indonesia Divisi Racing Plane Tahun 2020.

Selain Salsabila Syafna Aulia, Zidan, dan Rian Kurnia juga ada Yogi Arian peraih Juara 1 (Internasional) Festival Pencak Silat Internasional 2016.

Bersama mereka, Unand mengumumkan nama-nama mahasiswa berprestasi yang diwisuda pada Wisuda II 2022. Mereka adalah Selli Marianita Simatupang (Ilmu Tanah), Nabila Permata Sari (Ilmu Tanah), Rahmat Yopan (Ilmu Tanah), Muhammad Randa (Matematika), Rifno Gusfri Ramadhan (Kimia) dan M. Fadli (Kimia).

Kemudian, Dani Navia (Hukum), Rama Mardianto (Peternakan), Wahyu Fadillah Wafid (Teknik), Hances Fernandesz (Teknik), Iqbal Yunanda Putra (Teknik), Rivaldo Adrian (Teknik), Dafit Hidayat (Teknik) dan Adam Diavano (Administrasi Publik).

Selanjutnya, Wilnando Mariza (Farmasi), Hasbi (Farmasi), Nurul Wafiqah (Farmasi), Ismail Farros (Farmasi), Desri Eliza Putri (Farmasi), dan Muhammad Fahrezi Al Ghifari (Kesehatan Masyarakat).

Wakil Rektor I Prof. Mansyurdin mengemukakan, ini pertama kalinya Unand dalam wisuda menampilkan para mahasiswa yang berprestasi tingkat nasional dan internasional.

Baca juga: Ini Daftar 28 Wisudawan Terbaik Universitas Andalas pada Wisuda II 2022

“Sebelumnya hanya menampilkan mahasiswa lulusan terbaik dan mahasiswa yang memiliki aktivitas di organisasi kampus atau Bintang Aktivis Kampus (BAK),” ujarnya.

Ia menambahkan, hal ini sebagai upaya untuk memacu semangat mahasiswa untuk terus berprestasi dan berkarya serta berinovasi.

“Universitas Andalas akan terus melahirkan lulusan-lulusan yang berkarakter dan berintegritas serta berdaya saing,” kata Mansyurdin.

Baca juga: Unand Wisuda 1.121 Lulusan, Rektor Yuliandri Dorong Buka Lapangan Kerja

Ia berharapcapaian prestasi ini dapat membantu para lulusa dalam berkarir atau menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi lagi. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist