Pengertian Solana dan Hal Unik dari Coin Kripto Tersebut

Penulis: Redaksi

Padangkita.com – Untuk anda yang berkecimpung di dunia kripto, pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama Solana. Karena ini menjadi salah satu jenis koin yang masuk dalam deretan 10 besar di situs seperti Coinmarketcap maupun Coingecko.

Bagi orang awam tentu masih belum paham apa itu Solana dan Kripto. Solana ialah proyek sumber terbuka yang paling fungsional dan memakai tehnologi blockchain tanpa ijin untuk menyediakan jalan keluar keuangan terdesentralisasi (DeFi). Solana menjadi satu diantara Altcoin yang tetap diawasi oleh beberapa investor.

Sementara inspirasi dan pembuatan awal project ini diawali pada tahun 2017 silam, Solana secara resmi dikeluarkan pada bulan Maret 2020 oleh Solana Foundation yang memiliki kantor pusat di Jenewa, Swiss.

Protokol Solana didesain untuk memberikan fasilitas pembuatan aplikasi terdesentralisasi (DApp). Ini bertujuan untuk tingkatkan skalabilitas dengan mengenalkan konsensus proof-of-history (PoH) yang digabungkan dengan konsensus proof-of-stake (PoS) yang memicu blockchain.

Karena model konsensus hibrida yang inovatif ini, menjadikan Solana menarik bagi pedagang kecil dan pedagang institusional. Fokus yang signifikan dari Solana Foundation ialah membuat keuangan terdesentralisasi bisa dijangkau dalam rasio yang semakin besar.

Hal yang membuat Solana unik

Salah satu pengembangan penting dari Solana ini ialah konsensus proof-of-history (PoH) yang dikembangkan oleh Anatoly Yakovenko yang menjadi pendiri Solana. Rancangan ini memungkinkan skalabilitas protokol yang semakin besar, yang pada gilirannya tingkatkan kegunaan.

Solana dikenali dalam dunia cryptocurrency karena waktu pemrosesan sangat singkat yang ditawarkan oleh blockchain tersebut. Protokol hibrida Solana memungkinkannya waktu validasi yang berkurang secara signifikan untuk transaksi bisnis dan eksekusi smart contract. Dengan waktu pemrosesan yang sangat cepat ini, membuat Solana sudah menarik banyak sekali ketertarikan para pedagang institusional.

Protokol Solana sengaja ditujukan untuk layani pengguna kecil dan konsumen perusahaan. Salah satunya janji utama Solana ke konsumen setia ialah mereka tidak terkejut dengan peningkatan biaya dan pajak. Prosedur ini didesain sedemikian rupa hingga mempunyai biaya transaksi bisnis yang rendah dengan masih tetap jamin skalabilitas dan pemrosesan yang cepat.

Harga Solana

Sama dengan aset kripto pada umumnya, untuk harga Solana ini juga mengalami naik turun. Ini merupakan kondisi yang sangat lumrah terjadi bagi para pebisnis. Bagi anda yang tertarik untuk beli koin Solana, maka ada baiknya mengecek nilai tukar Solana to IDR dari Pintu berikut ini terlebih dahulu.

Hal ini sangat penting, karena nilai setiap koin crypto ini berbeda-beda, dan bahkan nilainya setiap menit bisa saja berubah tergantung dari market.

Cukup sekian dulu pengertian tentang Solana yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat.

Baca juga: Indonesia Perketat Pengawasan Aset Kripto 

Untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi kripto secara mudah, download Pintu: Jual/Beli Aset Digital oleh PT. Pintu Kemana Saja di App Store atau Play Store kamu sekarang!

Terpopuler

Add New Playlist