Penampakan Buaya Dekat Basko Grand Mall Viral di Medsos, Tim WRU BKSDA Cek Lokasi

Penulis: Redaksi

Padang, Padngkita.com – Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar) mengecek lokasi keberadaan buaya muara di Pantai Air Tawar, Kecamatan Padang Utara.

Sebelumnya, penampakan buaya muara tersebut sempat viral di media sosial (medsos). Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, buaya tersebut berenang dari arah muara dekat Basko Grand Mall menuju Muara Panjalinan.

“Saat pengecekan oleh tim WRU BKSDA Sumbar dan informasi yang didapatkan dari masyarakat setempat, buaya tersebut tidak nampak lagi,” kata Kepala BKSDA Ardi Andono dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2022).

Tim WRU BKSDA sendiri turun ke lokasi sekitar pukul 9.20 WIB. Pada kesempatan itu, tim WRU BKSDA Sumbar menemui Yuliani selaku wakil RT 02/03 dan masyarakat setempat.

Kepada masyarakat, tim WRU BKSDA Sumbar menyapaikan bahwa buaya muara merupakan satwa liar yang dilindungi. Oleh sebab itu, tim mengimbau masyarakat setempat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar lokasi penampakan buaya.

Menyikapi penjelasan tim WRU BKSDA, Yuliani pun langsung memberikan imbauan kepada masyarakat setempat melalui pengeras suara masjid.

Diketahui, buaya muara yang bernama Latin Crocodylus porosus telah masuk daftar merah IUCN. Sementara di Indonesia, satwa ini dilindungi sesuai dengan Undang-Undang No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor. P. 106 tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Dilindungi.

Baca juga: Awas! Jangan Diganggu Habitat Buaya Muara di Kawasan Batang Kuranji Kota Padang

Kepala BKSDA Sumbar Ardi Ardono, mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati melakukan aktivitas di sekitar penampakan buaya muara tersebut. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist