Kebakaran Hebat di Bukittinggi Hanguskan 5 Rumah, 30 Orang Warga Terdampak

Penulis: Redaksi

Bukittinggi, Padangkita.com – Kebakaran hebat kembali terjadi di Kota Bukitttinggi. Kali ini, kebakaran menghanguskan seidkitnya 5 rumah petak di belakang Terminal dan Pasar Aur Kuning, Bukittinggi, Kamis (15/9/2022) pagi.

Akibat kebakaran di lokasi padat penduduk di Barumbuang Dua, RW 04, Kelurahan Tarok Dipo ini, sempat terjadi kemacetan panjang. Kondisi makin parah, karena banyaknya warga yang ingin menyaksikan kebakaran.

Menurut Rinto Simbolon, 62 tahun, saksi mata yang merupakan warga setempat, api pertama kali berasal dari penumpukan barang bekas yang dikumpulkan di pekarangan salah satu rumah.

“Pastinya saya tidak tahu juga karena apa, yang terlihat asal api dari barang bekas yang ditumpuk di sudut pekarangan rumah petak ini,” kata Rinto Simbolon.

Menurut Rinto, rumah petak kayu itu sudah berdiri sejak lama dan sering mengalami kebanjiran.

“Sering kena banjir juga, rumah itu ditempati saudara kami dari warga Sumatera Utara, sebagiannya pemulung dan buruh,” kata dia.

Kapolsek Kota Bukittinggi, Kompol Rita Suryani mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

“Ada sekitar 30 jiwa yang terdampak, kami kerja sama dengan Pemko Bukittinggi untuk penanganan korban hingga tempat tinggal sementara,” kata Kompol Rita.

Kabid Opersasi Dinas Damkar, Havid Febrian menyebut ada lima armada dari Kota Bukittinggi dan dua lainnya dari Kabupaten Agam yang dikerahkan untuk memadamkan api.

Baca juga: Kebakaran Hanguskan Kantor Lurah di Bukittinggi, 1 Petugas Damkar Terluka

“Proses pemadaman sekitar 45 menit, api cepat membesar karena bangunan dari kayu, kerugian ratusan juta, kami mengimbau kewaspadaan warga,” ujar Havid. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist