Pemko Payakumbuh Larang Kegiatan Balimau

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Payakumbuh hari ini dan berita Sumbar hari ini:(Pemko Payakumbuh melarang warganya melaksanakan kegiatan “balimau”

Payakumbuh, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melarang warganya melaksanakan kegiatan balimau dalam menyambut bulan Ramadan 1442 Hijriah tahun 2021.

Larangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) dengan Nomor: 46/SE/COVID-19/PYK/IV/2021 tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 dalam Memasuki Bulan Suci Ramadan 1442 H (Balimau) dan Hari Libur Lebaran Idulfitri 1442 H Tahun 2021.

Terdapat tiga poin penting yang harus diperhatikan oleh masyarakat Payakumbuh dalam SE yang ditandatangani langsung oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi itu. Poin pertama terkait pelarangan kegiatan balimau.

“Kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan balimau (agar tidak terjadi kerumunan), dan tidak melakukan perjalanan selama liburan hari raya idul fitri 1442 H,” tulis Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi dalam Surat Edarannya.

Poin kedua, Pemkot Payakumbuh juga meminta agar tempat wisata dan tempat hiburan ditutup sementara, terhitung tanggal 11 April hingga 12 April 2021, dan tanggal 14 Mei 2021 hingga 16 Mei 2021.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan dan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Payakumbuh.

“Untuk tempat wisata dan hiburan agar ditutup pas hari balimau dan hari libur lebaran,” ujar Riza.

Poin terakhir, Pemko Payakumbuh mengimbau kepada pemilik atau pengelola tempat wisata dan hiburan agar melakukan pembersihan dengan menggunakan desinfektan atau alat pembersih lainnya sesuai dengan protokol kesehatan selama ditutup. [abe]


Baca berita Payakumbuh hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler