Pemerintah Bakal Pasang Tes Genose di Bandara Mulai 1 April 2021

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mulai memasang alat tes GeNose di bandara pada 1 April 2021. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 pada transportasi udara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan pihaknya telah menggelar pertemuan dan berdiskusi dengan Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk melancarkan rencana pemasangan alat tes Covid-19 tersebut.

“Soal udara, kita telah konsultasi bersama pak Menko Luhut dan tim KAI dan tim UGM. Rencana akan dilakukan pada 1 April, lima minggu dari sekarang ketika (pemasangan alat tes GeNose di) 44 stasiun selesai,” ujar Menhub Budi Karya di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Selain berkomunikasi dengan para menko, Budi juga sudah meminta Ditjen Perhubungan Udara dan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub untuk mempersiapkan mekanisme dan SOP agar pelaksanaan tes GeNose di bandara dapat berjalan lancar.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto menyebut pihaknya gembira atas izin penggunaan tes Genose di bandara dari Kemenhub.

Baca juga: Tokoh Lintas Agama Jalani Vaksinasi Covid-19 di Istiqlal, Menkes: Jadi Pilot Project

“Kami di sektor perhubungan udara sangat senang, gembira sambut GeNose yang tadi sudah disampaikan, per 1 April akan kita gunakan. Dan itu jadi salah satu opsi. Sekarang kan hanya PCR dan rapid antigen,” katanya.

Selain di bandara, pemerintah juga berencana akan memasang alat deteksi Covid-19 Genose pada transportasi lalu. Hal ini akan diawali dengan penerapan di Pelabuhan Tanjung Priok akhir minggu ini secara acak (random).

Diketahui, pemasangan alat tes Genose pertama kali dilakukan oleh pemerintah untuk penumbang kereta api di di Stasiun Gambir dan Stasiun Senen, Jakarta.

Pemasangan ini sudah dilakukan sejak 5 Februari 2021. Menurut Menhub Budi, animo masyarakat untuk menggunakan Genose di stasiun sangat bagus.

Sementara itu, Muhadjir Effendy menilai tingkat akurasi alat tersebut juga cukup tinggi. Produk dalam negeri ini, kata dia, memiliki berbagai kelebihan seperti lebih mudah dan aman penggunaannya.

Ia berharap penggunaan tes Genose tidak hanya untuk perjalanan tetapi juga bisa digunakan di tempat lain. [try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist