Pemakaman Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi Diiringi Tembakan Salvo

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar terbaru dan berita Sumbar terbaru: Kepergian Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi tak hanya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga

Batusangkar, Padangkita.com – Kepergian Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi tak hanya meninggalkan duka mendalam bagi keluarga. Namun juga bagi pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tanah Datar, serta masyarakat luas.

Ini terlihat dari banyaknya pelayat hingga ribuan yang datang sejak malam hingga mengantarkan ke tempat peristirahatan terakhir di pemakaman. Tak hanya dari Tanah Datar, banyak juga pelayat yang datang dari daerah lain. Begitu juga dengan pejabat, yang bukan saja berasal dari Tanah Datar, tapi juga banyak datang pejabat provinsi dan pusat.

Baca Juga

Usai diserahkan oleh pihak keluarga kepada Pemerintah Daerah di Rumah Dinas Indo Jalito Batusangkar, jenazah Almarhum dilepas dengan upacara di Kantor Bupati oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Sebelum bertolak ke kampung halaman di Nagari Tepi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, jenazah terlebih dahulu disalatkan di Masjid Al Amin Pagaruyung.

Sejumlah kepala daerah terlihat ikut melayat, antara lain Bupati Agam, Wakil Wali Koto Padang Panjang. Wali Kota Pariaman, mantan Kapolda Sumbar Fakhrizal. Sementara, dan pada Sabtu malam, jenazah Almarhum diantar oleh Wali Kota Padang.

Setiba di Lintau Buo Utara, jenazah Almarhum dibawa ke Rumah Gadang Kaum Kuti Anyia. Di sini prosesi pelepasan jenazah digelar secara adat. Dan untuk kedua kalinya, kembali jenazah Almarhum disalatkan di Masjid Nurul Amal Tepi Selo.

Baca Juga: Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi Meninggal Dunia

Ke pemakaman jenazah Almarhum diantar Dandim Tanah Datar, Kapolres Tanah Datar, Kajari Tanah Datar, Ketua dan anggota DPRD Provinsi dan Tanah Datar, tidak terkecuali Wakil Bupati Tanah Datar.

Almarhum Irdinansyah meninggalkan dua putri dan seorang istri serta tiga orang cucu. Pemakaman Almarhum digelar secara militer diiringi tembakan salvo oleh TNI dan Polri. Prosesi pemakaman selesai pada Minggu (20/9/2020) sekira pukul 13.30 Wib.

“Tanah Datar berduka, Tanah Datar bekabung, karena kepergian pemimpin yang sangat bijak yang merupakan guru bagi kita. Dia selama ini merupakan pemimpin yang sangat arif, dan sangat saleh,” ujar Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma usai pemakaman.

Wabup dalam kesempatan itu, juga memintakan maaf kepada pelayat untuk almarhum. Serta menutup pemakaman dengan diiringi doa bersama. [pkt]


Baca berita Tanah Datar terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist