Paralayang TRoI Seri 3 Sukses, Pemenang Didominasi Atlet Sumbar, Ini Daftarnya

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Event nasional Paralayang Trip of Indonesia  atau TRoi Seri 3 2022 di Puncak Macau 2, Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar resmi berakhir Minggu (3/7/2022).

Secara keseluruhan, event yang diikuti 130 atlet paralayang dari 14 provinsi se-Indonesia tersebut berjalan lancar dan sukses.

Kecelakaan ringan memang sempat dialami atlet paralayang asal Jawa Barat (Jabar) Siti Maryam Arofiqi saat landingdi Lapangan Pelita Guguk Malalo, Sabtu (2/7/2022).

Namun, kata Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Tanah Datar Herman Sugiarto hal itu sudah ditangani dengan baik. Menurut Herman, atlet dari Jawa Barat itu landing di luar lokasi yang ditentukan.

“Siti saat landing tidak sampai ke titik yang ditentukan, sehingga ia menabrak dinding tribun. Alhamdulillah, berkat kesigapan petugas kesehatan, atlet sudah ditangani dengan baik dengan kondisi cukup baik dan bagus,” ungkapnya.

Atlet paralayang peserta Trip of Indonesia (TRoI) Seri 3 2022 saat landing. [Foto: David/Padangkita]

Saat penutupan event Paralayang TRoI, Minggu (3/7/2022) sore, Herman mengungkapkan secara keseluruhan acara berjalan aman, lancar dan sukses.

“Alhamdulilah, berkat dukungan semua pihak, event yang diikuti 130 atlet dari 14 provinsi berjalan sukses, semoga tahun depan kembali bisa dilaksanakan kembali di sini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam TRoI Seri 3 2022 terdapat 3 jenis penilaian Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yakni, Junior Putra, Junior Putri dan TNI/Polri.

“Poin utama penilaian adalah ketepatan landing atau mendarat di titik yang ditetapkan dewan juri. Kategori Junior landing di Lapangan Pelita, sementara kategori TNI/Polri landing terapung di bagian pinggir Danau Singkarak,” jelasnya.

Pada kategori Junior Putra, tampil sebagai pemuncak adalah M. Irsyad dari Payakumbuh, diikuti Jordi Ansyah dan Andre Insadi di posisi 2 dan 3 yang juga mewakili Sumatra Barat (Sumbar).

Kemudian posisi teratas kategori Junior Putri seluruhnya juga dikuasai atlet-atlet perwakilan Sumbar. Secara berurutan juaranya adalah Rika Nurhakim, Amelia Rahayu dan Lidia Mega Sari.

Sementara itu kategori TNI/Polri dijuarai Riezza Muhammad Nurzaman dari Jawa Barat, Randi Irwahyudi dari Sumbar dan Yudamaisaputra perwakilan Puspotdirga.

Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Abdul Hakim mengatakan, Pemkab Tanah Datar sangat mendukung event olahraga paralayang.

Baca juga: 130 Atlet Paralayang Ikuti TRoI Seri 3 di Puncak Macau Malalo Tanah Datar

Event seperti paralayang tentunya mampu memberikan multiplier effect, tidak hanya promosi wisata namun juga mampu memberikan dampak ekonomi pada masyarakat setempat,” katanya ketika menyampaikan sambutan saat penutupan event Paralayang TRoI Seri 3 2022. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist