Pangek Pisang, Salah Satu Kuliner Khas Solok Selatan, Sudah Pernah Coba?

Penulis: Wina

Padangkita.com – Banyak sekali makanan khas asal kabupaten Solok Selatan yang kenikmatannya tak diragukan lagi. Salah satunya ialah kuliner Pangek Pisang yang ada di Solok Selatan.

Kabupaten yang berbatasan langsung dengan provinsi Jambi ini juga memiliki julukan ‘Nagari Saribu Rumah Gadang’, lantaran banyak ditemui rumah tradisional di beberapa wilayahnya.

Salah satu ciri khas makanan Solok Selatan ialah Pangek Pisang. Pasalnya, pangek pisang hanya bisa ditemui di Solok Selatan.

Kata ‘pangek’ sendiri dalam Bahasa Minang berarti memasak hingga kuah mengental, tersisa sedikit, dan benar-benar matang. Sangat menggambarkan cara masak kuliner satu ini yang diproses dengan santan hingga kental.

Dari segi tampilannya, Pangek Pisang ini berwarna kuning. Corak tersebut dihasilkan dari bumbu kunyit, salah satu bumbu utama yang wajib ada.

Sementara itu, pisang yang digunakan adalah pisang kepok, dipadukan dengan pati santan kelapa, garam, vanili bubuk, serta daun pandan.

1. Rasanya yang Lezat

Perpaduan manisnya pisang yang alami dan gurihnya santan kelapa membuat mulut ingin berlama-lama mengunyah pangek pisang.

Kue tradisional berbahan dasar pisang ini juga akan lebih nikmat saat disantap bersama ketan hitam yang ditaburi parutan kelapa di atasnya.

Menurut sejumlah tetua adat Solok Selatan, kuliner ini merupakan sebuah simbol penghormatan. Oleh karena itu, dulunya hanya muncul ketika sedang ada upacara atau tradisi yang dianggap sakral.

Seiring berjalannya waktu, sajian tradisional ini tak hanya dibuat menjelang upcara adat. Sekarang wisatawan sudah bisa menikmati jajanan khas ini di sejumlah warung di Solok Selatan.

Beberapa homestay bahkan memasukkannya sebagai menu sarapan. Dengan memperkenalkan pangek pisang secara umum, akan lebih mudah untuk melestarikannya sehingga tidak tergusur oleh beragam makanan cepat saji atau lainnya.

Cara pengolahan Pangek Pisang cukup sederhana. Pertama pisang kepok dikupas kulitnya dan dibelah dua. Berikutnya, campurkan pati santan kelapa, perasan kunyit, garam, vanili bubuk, dan potongan daun pandan.

Semua bahan lantas dicampur dan dikukus selama 20-30 menit hingga pisang menjadi empuk. Setelah didapat tekstur yang pas, sajian ini siap dihidangkan.

Terpopuler