Mulai dari Jadi Peserta Hingga Jadi Juri, Sepak Terjang Judika Penuh Perjuangan

Penulis: Julia Fitri

Berita selebriti terbaru: Sepak terjang Judika di dunia tarik suara tak bisa diragukan lagi. Perjuangan panjang itu mengantarkannya hingga menjadi penyanyi pria papan atas.

Padangkita.comJudika Nalon Abadi Sihotang atau yang akrab disapa Judika merupakan salah satu penyanyi pria papan atas di belantika musik Indonesia.

Nama Judika mulai dikenal publik ketika ia mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim kedua pada 2005 lalu.

Setelah melewati babak demi babak, Judika akhirnya keluar menjadi runner up dengan Mike Mohede sebagai juaranya kala itu.

Berkat perolehannya di Indonesian Idol itulah karir Judika di dunia tarik suara semakin gemilang.

Judika dengan kontestan Idol lainnya langsung membuat album kompilasi yang bertajuk Seri Cinta.

Pada album ini, Judika membawakan singel “Sakura” milik musisi legendaris Fariz RM yang diaransemen dalam tempo agak cepat, bersound moderen dan hip hop.

Terlepas dari itu, Judika pun akhirnya mengeluarkan album perdananya yang berjudul One dengan lagu andalannya “Bukan Rayuan Gombal” pada awal 2007 lalu.

Hingga kini lagu andalan Judika itu masih melekat di telinga masyarakat Indonesia.

Tiga tahun kemudian Judika kembali mengukir prestasinya sebagai penyanyi lewat album Setengah Mati Merindu dengan judul singel utama yang sama dengan album.

Sepak terjang pria kelahiran 1978 ini ternyata tidkak hanya di dunia tarik suara. Ia juga pernah mencoba bermain peran di berbegai film seperti di film Si Jago Merah (2008) dan The Tarix Jabrix 2 (2009).

Berkat kebolehannya di dunia peran itu, Judika meraih penghargaan di ajang Indonesian Movie Awards 2009 dalam kategori Pemeran Pendatang Baru Pria Terbaik lewat film Si Jago Merah.

Meski ia memiliki karir yang gemilang, kisah asmara penyanyi jebolan Indonesian Idol ini ternyata sedikit rumit.

Dikutip dari laman Kompas.com, sebelum resmi menikah, Judika harus rela menunggu lama untuk memeroleh restu orang tua istrinya, Duma Riris Silalahi.

Kisahnya ini pun dituangkan Judika lewat karyanya yang berjudul “Mama Papa Larang” dalam album Mencari Cinta.

Lagu ini pun dinilai sangat menyentuh karena dilatarbelakangi oleh kisah nyata perjuangan cinta Judika dan istrinya yang berprofesi sebagai model.

Album tersebut dirilis pada 2013, tepat saat Judika dan Duma melangsungkan pernikahan.

Tak berhenti di situ, penyanyi pria papan atas ini terus mengukir karya. Ia kembali mengeluarkan album Hati & Cinta yang kemudian disusul dengan album Judika.

Untuk memanjakan penggemarnya, Judika merilis album The Best of Judika yang merupakan album kompilasi terbaik karya Judika.

Album ini berisi 13 lagu terbaik dari album sebelumnya dan satu lagu baru.

Lewat karya-karyanya itu, Judika semakin dikenal oleh publik, terutama para penyuka musik bernuansa rock.

Karena suaranya yang bernuansa rock inilah, Judika digaet oleh Ahmad Dhani untuk ikut dalam formasi grup band Mahadewa pada tahun 2011.

Namun hal itu tak bertahan lama. Setelah empat tahun bersama dalam grup band itu, Judika hengkang dan kembali menjadi penyanyi solo.

Seiring berjalannya waktu, Judika pun dipercaya menjadi juri ajang pencarian bakat bernyanyi berkat sepak terjangnya itu.

Mulai dari ajang The Voice Indonesia, Rising Star Indonesia, hingga Indonesian Idol.

Berbagai penghargaan pun diperoleh Judika berkat perjuangannya merintis karir. Sebut saja misalnya dalam Indonesian Choice Awards dan Anugerah Musik Indonesia (AMI). (*/Jly)


Baca Berita Selebriti Terbaru Hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist