Muhammad Arif Nahkodai PW IPTI Sumbar

Penulis: Zulfikar Efendi

Padang, Padangkita.com – Melalui Musyawarah Wilayah (Muswil), Muhammad Arif terpilih sebagai Ketua Ikatan Pemuda Tarbiyah Islamiyah (IPTI) Sumatra Barat (Sumbar) periode 2021-2026.

Muswil yang juga dihadiri puluhan anggota IPTI dan IMTI se-Sumbar serta jajaran pengurs DPD IPTI kabupaten dan kota tersebut dilangsungkan di Gedung Tarbiyah di Jalan Pramuka, Kota Padang, Sabtu (3/4/2021).

Bahkan, Muswil itu juga dihadiri Ketua Umum (Ketum) PB IPTI, Muhammad Guntur secara daring.

Dalam sambutannya, Muhammad Arif mengatakan, bahwa jabatan ketua merupakan sebuah amanah dan menajdi tangung jawab kerja seluruh Pemuda Tarbiyah.

Jadi, kata Arif, setiap tindakan yang dilakukan tak akan berwujud jika tidak saling membahu.

“Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk menjadikan organisasi ini laksana sebuah bangunan, di mana kita di dalamnya ada untuk saling menguatkan,” ujar Arif.

Arif menegaskan, adanya Muswil tersebut juga untuk membangkitkan semangat bertarbiyah di kalangan pemuda Tarbiyah, dan di kalangan warga Tarbiyah pada umumnya.

“Bertarbiyah bukan sekadar berorganisasi, dan bukan sekadar bersekolah di MTI-MTI. Tapi kembali kita ke pangkal kaji. Apa peradaban yang mesti kita bentuk dan gaungkan melalui nilai-nilai ketarbiyahan yang kita miliki dan jiwai,” paparnya.

Sudah saatnya, kata Arif, Pemuda Tarbiyah di Sumbar bergerak dan mempertegas eksistensi melalui penyebaran spirit nilai ketarbiyahan yang terdiri dari semangat pendidikan, semangat dakwah serta semangat sosial sebagaimana Khittah Tarbiyah yang ditetapkan oleh Pendiri Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) Syekh Sulaiman Arrasuli.

“Tentu saja, saya dan jajaran pengurus tak dapat melakukan apa-apa tanpa spirit Pemuda Tarbiyah. Kedepannya, perjalanan organisasi ini bakal diwarnai dinamika. Kita harus kembali ke falsafah bersilang kayu dalam tungku, maka dengan begitu api menjadi hidup,” jelasnya.

Dalam Muswil tersebut, juga ditetapkan Sekretaris DPW IPTI Sumbar, yaitu Ferdi Ferdian dan Bendahara, Yohan Fitriadi.

Baca juga: Kisah Laskar Jihad dari Sumatra Barat Membela Indonesia Hingga Akhir Hayat

Muswil IPTI Sumbar kali ini, mengusung tema “Mewujudkan Spirit Pemuda Tarbiyah Islamiyah yang Bertanggung Jawab, Mempunyai Rasa Memiliki, serta Mampu Mengembangkan Nilai-Nilai Ketarbiyahan”. [*/zfk]

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist