Mewah dan Nyaman Banget! Bus Baru SR3 Panorama Scania K360 IB dari PO SAN Akhirnya Mengaspal

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Persaingan para Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia dalam memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang makin agresif. Terutama bus-bus moda transportasi Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

Terbaru ada PO Siliwangi Antar Nusa (SAN), salah satu PO legendaris asal Pulau Sumatra, yang akhirnya merilis armada atau unit bus terbarunya yakni, bus tipe Legacy SR3 Panorama XHD Ultimate.

“Sebelumnya sudah kita lihat di GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) 2022, sekarang rilis 4 unit bus dari PO SAN yang menggunakan body SR3 Panorama Ultimate Edition,” beber YouTuber bus kenamaan Indonesia, Ichal Traveller dalam unggahan video terbarunya, dilihat Padangkita.com, Rabu (5/10/2022).

Video berdurasi 17 menit yang sudah ditonton puluhan ribu pasang mata ini merupakan liputan saat peluncuran unit baru Legacy SR3 Panorama di Kantor Perwakilan PO SAN, Jakarta Timur, Selasa (4/10/2022) lalu.

Uhh keren banget ya mobilnya. Apalagi sudah pakai livery bus khasnya PO SAN,” puji Ichal usai melihat tampilan bus baru tersebut.

Dia mengungkapkan, keunggulan bus ini salah satunya adalah menggunakan sasis premium dari perusahan otomotif asal Eropa yakni Scania K360 IB, yang sudah terbukti empuk dan nyaman banget jika melewati jalan berlubang.

Diketahui, Legacy SR3 Panorama merupakan tipe body bus terbaru buatan perusahan Karoseri Laksana. Sementara untuk mesin dan sasisnya mengunakan Scania K360.

Penampakan dasbor Bus PO SAN SR3 Panorama Scania K360 IB. [Foto: Tangkapan layar Youtube/Ichal Traveller]
Soal pemandangan penumpang, Bus SR3 ini adalah juaranya karena kaca depannya sudah menggunakan tipe single glass, yang memang saat ini tengah jadi primadona bus-bus di Indonesia.

Selain itu, keunggulan lainnya tampilan samping bus ini tidak lagi menggunakan selendang, sehingga juga memberikan pemandangan dari samping yang lebih luas bagi penumpang.

Untuk kursinya menggunakan tipe AMG yang nyaman banget. Ditambah pula dengan kursi yang agak ramping namun empuk, sehingga memberi ruang lebih luas.

Penampakan kabin Bus PO SAN SR3 Panorama Scania K360 IB. [Foto: Tangkapan layar Youtube/Ichal Traveller]
“Biasanya kan kursi itu tebal, tapi tipis pun kalau masih empuk jelas keunggulan sendiri karena menjadikan ruangnya lebih luas,” beber dia.

Total kursi di bus ini sebanyak 38 kursi yang seluruhnya sudah dilengkapi legrest atau sandaran kaki. Nah untuk AC-nya juga begitu adem.

Baca Juga: Saingan Berat Bus Legendaris! PO Palala yang Umurnya belum Setahun Bikin Kejutan Lagi

Untuk diketahui, PO SAN merupakan salah satu legenda macan bus dari Pulau Sumatra yang masih eksis hingga kini. Perusahan ini melayani sejumlah trayek Pulau Sumatra menuju Jawa dan juga beberapa trayek AKAP sejumlah provinsi di Pulau Jawa. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist