Mau Beli Beruk? Datang Saja ke Pasar Baruak Talaok Padang Pariaman Ini

Penulis: Redaksi

Parit Malintang, Padangkita.com – Bagi yang membutuhkan hewan baruak atau beruk, wajib datang ke pasar di Kabupaten Pariaman ini. Namanya Pasar Baruak Talaok, terletak di Nagari Sintuk, Kecamatan Sintoga, Kabupaten Padang Pariaman.

Di pasar ini, banyak dijual bibit beruk hingga beruk dewasa yang ‘siap pakai’. Diketahui, di Sumatra Barat (Sumbar) dan di banyak daerah di Indonesia, beruk biasanya dipelihara untuk dipakai jasanya guna memetik buah kelapa.

Menurut Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Sintuk, Aiptu Roi Martin, saat ini pihaknya bersama perangkat nagari, tokoh masyarakat dan pedagang beruk memang berusaha mengembangkan potensi nagari.

Salah satunya, kata dia, dengan membuka Pasar Baruak Talaok atau  Pasar Baruak. Sejauh ini, kata Roi Martin, telah banyak pembeli yang datang langsung ke Pasar Baruak Talaok.

Ada yang mencari bibit – bibit beruk terlatih, dan ada yang mencari beruk ‘siap pakai’ untuk memerik buah kelapa. Bahkan, lanjut dia, ada pembeli beruk yang berasal dari Ujung Gading, Pasaman Barat (Pasbar). 

”Kabupaten Padang Pariaman dan sekitarnya masih memiliki areal tanaman pohon kelapa cukup luas. Ini salah satu yang menjadi alasan kuat mengapa bisnis atau penjualan primata ini bisa bertahan hingga sekarang,” kata Aiptu Roi Martin.

Ia bersama tokoh masyaraka dan wali nagari, ingin menjadikan pasar beruk ini maju dan berkembang, sehingga ekonomi masyarakat dapat meningkat, khususnya di Pasar Baruak Talaok.

Lebih jauh ia menyebutkan, pasar ini sekaligus untuk mencegah perburuan terhadap beruk karena mengganggu tanaman warga. Sebab, sebelumnya banyak beruk dibunuh karena ketahuan mengganggu kebun masyarakat.

“Makanya di sini kita fasilitasi tempat agar bibit dan bahkan baruak siap pakai bisa dibeli,” ujar Roi Martin.

Sekadar diketahui, beruk yang memiliki nama Latin Macaca nemestrina merupakan salah satu spesies primata dengan ciri tubuh berbadan besar dan rambut berwarna cokelat keabu- abuan sampai agak keemasan.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Bokkoi si Beruk Mentawai yang Dilindungi dan Keunikan Habitatnya

Ciri-ciri lainnya, di sekeliling wajahnya terdapat rambut cokelat yang mengembang dan lebih terang. Sejauh ini, hewan ini belum termasuk daftar satwa yang dilindungi di Indonesia. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

 

Terpopuler

Add New Playlist