Mengenal Stasiun Kereta Api Nomor 1 Terbaik di Indonesia, Stasiun Legendaris sejak Zaman Belanda Berfasilitas Terlengkap

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Meskipun terbilang sarana transportasi yang tua, kereta api (KA) tetap menjadi sarana transportasi favorit masyarakat Indonesia, baik untuk perjalanan dekat ataupun perjalanan jarak jauh.

Bicara soal KA, tentu tidak terlepas dari stasiun keretanya itu sendiri. Stasiun yang besar nyaman dan canggih telah menjadi dambaan bagi para traveler untuk bepergian.

Nah di Indonesia ada banyak stasiun KA yang beroperasi. Namun dari sekian banyak Stasiun KA, jika ditanya nama stasiun KA terbaik di Indonesia, jawabahan adalah Stasiun KA Gambir. Ya, Stasiun Gambir merupakan stasiun KA terbaik di Indonesia dari penilaian banyak hal.

Penampakan Stasiun Gambir. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Kamar Travel]
Jika kamu yang pertama kali ke Jakarta dengan menumpang KA, maka kamu akan disapa dengan megahnya monumen Nasional alias Monas yang berada di sisi jendela KA. Momen tersebut hanya dapat Anda rasakan setelah menumpangi kereta jarak jauh dengan tujuan akhir Stasiun Gambir.

Stasiun Gambir termasuk stasiun KA kelas besar bertipe a atau tipe stasiun yang paling terbaik. Hal ini didukung karena Stasiun Gambir melayani semua KA kelas bisnis dan eksekutif.

Peta Stasiun Gambir. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Kamar Travel]
Stasiun Gambir ini dikenal sebagai stasiun dengan fasilitas yang cukup lengkap. Tidak heran jika terdapat tiga lantai, yang masing-masing lantai yang memiliki fungsi atau fasilitas berbeda.

Pada tingkat pertama kamu bisa menemukan aula utama center, toko-toko dan juga restoran. Pada tingkat kedua kamu bisa menemukan sekretariat dan aneka restoran cepat saji. sedangkan yang paling atas adalah peron dengan 4 jalur KA.

Stasiun yang berada di Jalan Medan Merdeka, Kecamatan Gambir Jakarta pusat ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda. Awalnya stasiun ini hanya berupa tanah rawa dengan pemiliknya bernama Anthony Paviljoen.

Barulah pada tahun 1697, tanah itu dibeli oleh Cornelis Chastelein. Kemudian Stasiun Gambir dibangun pada saat era kolonial Belanda dan sempat direnovasi besar-besaran pada tahun 1990-an.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Bandara Soekarno Hatta, Bandara Termegah yang Bakal Kalahkan Changi Singapura!!

Konon kabarnya, stasiun KA legendaris ini bakal pensiun menjadi stasiun commuter Line. Tapi itu masih kabar burung guys, jadi belum diketahui ke depannya bagaimana. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist